Batam

Alias Welo Buka Pelatihan Budi Daya Lele Bioflok HKTI Batam

GebrakNews.co.id, Batam –  Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kepri Alias Welo menyampaikan apresiasi pada program-program terobosan yang dilakukan oleh HKTI Batam.

“Mudah-mudahan program-program seperti yang dilakukan oleh HKTI Batam ini menginpirasi & memotivasi HKTI kabupaten kota lain di Provinsi kepulauan Riau,” ujar pria yang biasa disapa Awe itu, pada saat membuka kegiatan pelatihan budi daya lele organik sistem biomaksi yang digelar HKTI Batam Selasa (20/2) di hotel Vanila.

Sementara itu Ketua HKTI Batam Gunawan Satary menyebut, kegiatan yg dilakukan HKTI Batm kali ini, dalam rangka mendorong tumbuhnya kegiatan-kegiatan ekonomi kreatif di sektor pertanian dan peternakan.

Mengingat kebutuhan konsumsi lele cukup tinggi di Batam, kegiatan budi daya juga akan memperkecil ketergantungan pasokan dari luar daerah termasuk dari luar negeri seperti Malaysia, ujar Gunawan.

Pada kegiatan pelatihan ini, HKTI Batam menghadirkan instruktur tingkat nasional dari Group Maksiplus, yakni Iswahyudi dan Mursidi.

Selain diikuti oleh para anggota HKTI, kegiatan juga di ikuti oleh sejumlah kalangan warga Batam, yg memiliki ketertarikan pada usaha ini.

Gunawan menambahkan, saat ini di Batam sendiri pasokan Ikan Lele masih belum dapat memenuhi jumlah yang dibutuhkan. Jadi peluangnya masih sangat besar untuk pengembangan usaha di sektor ini, ujarnya.

Terlebih kata Gunawan, nilai tambah dari budi daya sistem Biomaksi ini, konsepnya menghasilkan produksi Lele yang lebih higienis dan sehat.

Sistem hemat waktu, tempat, dan biaya. “Masyarakat bisa memanfaatkan lahan yang terbatas, termasuk di sekitar tempat tinggal karena tidak menimbulkan bau” ujar Gunawan.

Gunawan menyebut, saat ini bisnis Lele masih sangat menjanjikan, apalagi berlebel organik dan higienis. Dengan perawatan sistem organik biomaksi, selama dua bulan sudah bisa memetik hasil.

Gunawan menambahkan, disamping pelatihan, HKTI juga memperkenalkan produk pupuk hayati maxigrow sebagai formula perangsang pertumbuhan lele. (Ry)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 Flex Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top