Anggota Kodim 0316 Batam, Hadiri Acara Apel Penutupan Duta Tagana dan Pengukuhan Bunda Tagana Tingkat Kota Batam

Gebraknews.co.id, Batam – Pembina Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Batam, H.M Rudy SE, mengukuhkan Bunda Tagana Kota Batam tahun 2018, Hj Marlin Agustina Rudy dan 12 Bunda Tagana Kecamatan Se Kota Batam, bertempat di Dataran Engku Putri Batam Centre. Rabu (25/07/18).

 

Muat Lebih

Pengukuhan Bunda Tagana Anambas ditandai dengan pemasangan selempang Tagana oleh Walikota Batam, Bpk H.M Rudy SE, kepada, ketua Bunda Tagana Kota Batam, Hj Merlin Agustina Rudy,  pada Apel Penutupan Duta Tagana 3 ( Tiga ) dan Pengukuhan Bunda Tagana Kota Batam, Tahun 2018.

 

 

Pembina Tagana Kota Batam, H.M Rudy SE dalam sambutannya menekankan, Tagana Kota Batam, hendaknya jangan hanya sebagai simbol. Tetapi harus dapat turun langsung ke lokasi bencana dan menjadi yang terdepan dalam setiap penanggulangan bencana di Kota Batam.

 

“Proses penanggulangan bencana yang saat ini masih dianggap pekerjaan yang sia-sia, opini-opini yang datang tersebut harus mampu dikikis dengan cara yang cerdas, dengan pendekatan keilmuan serta kegiatan yang bersifat nyata yang melekat serta melembaga,” ujar H.M Rudy SE ”

 

Ditambahkan, bencana bukanlah sesuatu hal yang diharapkan setiap orang, namun perlu kesiapan dan kesigapan dalam penanggulannnya. Peran fungsi Tagana pada masyarakat juga perlu dilakukan, agar masyarakat dapat memahami tugas dan fungsi Tagana sebagai pembantu masyarakat.

 

“Ini merupakan tugas kita bersama, dan bukan hanya pemerintah saja, di tingkat masyarakat perlu diberi pemahaman. Untuk itu, Tagana dituntut untuk selalu siap siaga sebelum maupun sesudah bencana terjadi, dan sekaligus harus menjadi frontliner dalam menanggulangi bencana di masyarakat,” ujar H.M Rudy ”

 

Sementara Hj Merlin Agustina Rudy selaku Bunda Tagana Kota Batam. mengatakan bahwa Tagana merupakan relawan sosial yang dilatih dan difasilitasi dalam penanggulangan bencana yang diharapkan mampu menjadi bagian paling depan ditengah-tengah masyarakat dalam menanggulangi bencana.

 

“Tagana bukan hanya relawan biasa namun merupakan relawan yang tanggap dan sigap dalam menanggulangi bencana, maka sudah sepantasnya para anggota Tagana harus memiliki sikap sosial yang tinggi yang menjadi modal berharga dalam pelaksanaannya dilapangan nanti,” ujar Hj Merlin Agustina Rudy.

 

Hadir pada kesempatan tersebut, Walikota Batam, Wakil Walikota Batam, Kepala Dinas Sosial Provinsi Kepri, Kepala Dinas Sosial Kota Batam, Camat se Kota Batam, Anggota TNI dan Polri, Organisasi masyarakat, Anggota Pramuka beserta tamu undangan lain (Rilis)

Pos terkait