Uncategorized

BNNP Kepri Selama Bulan Juli 2018 Berhasil Mengungkap 5 Kasus Peredaran Gelap Narkotika

Gebraknews.co.id, Batam – Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepulauan Riau (BNNP Kepri) selama periode bulan Juli mengungkap 5 (lima) kasus peredaran gelap Narkoba yang terjadi di wilayah Kepulauan Riau, barang bukti narkotika yang disita Sabu seberat bruto 8958,44 (delapan ribu sembilan ratus lima puluh delapan koma empat puluh empat) gram dengan jumlah tersangka 10 (sepuluh) orang. Rabu (01/08/18).

1. Laporan Kasus Narkotika : LKN / 23 / VII / 2018 / BNNP

Pada hari Jum’at tanggal 6 Juli 2018 sekira pukul 14.00 Wib petugas Bea & Cukai Bandara Internasional Hang Nadim Kota Batam Prov. Kepri telah Mengamankan Seorang Pria berinisial I (22thn) WNI. Dari tersangka disita Barang Bukti Narkotika Golongan I jenis Sabu sebanyak 432 (empat ratus tiga puluh dua) gram yang dibawa dari Batam menuju Surabaya, tersangka kemudian diserahkan kepada BNNP Kepri untuk dilakukan proses hukum dan penyelidikan lebih lanjut. Dari barang bukti narkotika Sabu yang disita, sebanyak 382,45 gram dimusnahkan dan sebanyak 49,55 gram disisihkan untuk uji laboratorium dan persidangan.

2. Laporan Kasus Narkotika : LKN / 24 / VII / 2018 / BNNP

Pada hari Kamis tanggal 19 Juli 2018 sekira pukul 16.45 Wib di dalam Kamar 210 Hotel sky inn Botania Kota Batam Prov. Kepri telah dilakukan Penangkapan terhadap seorang pria berinisial M.A (30thn) WNI. Dari tersangka disita Barang Bukti Narkotika Golongan I jenis Sabu seberat 2.055 (dua ribu lima puluh lima) gram. Selanjutnya dilakukan Pengembangan sekitar pukul 20.30 Wib di Perumahan Pondok Asri-Sungai Panas Kota Batam dilakukan Penangkapan terhadap 2 orang pria berinisial S (37 thn) dan I (33 thn) WNI. Dari tersangka disita Barang Bukti Narkotika Golongan I Jenis Sabu seberat 2,44 (dua koma empat puluh empat) gram Atas kejadian tersebut Tersangka dan Barang Bukti diamankan dibawake BNNP Kepri untuk dilakukan proses hukum dan penyelidikan lebih lanjut. Dari barang bukti narkotika Sabu yang disita, sebanyak 1.986,9 gram dimusnahkan dan sebanyak70,54 gram disisihkan untuk uji laboratorium dan persidangan.

3. Laporan Kasus Narkotika : LKN / 25 / VII / 2018 / BNNP

Pada hari Minggu tanggal 22 Juli 2018 sekira pukul 08.30 Wib petugas Bea & Cukai Bandara Internasional Hang Nadim Kota Batam Prov. Kepri telah Mengamankan Dua orang Pria berinisial M (33thn) dan M.I (30thn) WNI. Dari tersangka disita Barang Bukti Narkotika Golongan I jenis Sabu sebanyak 1.023 (seribu dua puluh tiga) gram. Tersangka kemudian diserahkan kepada BNNP Kepri untuk dilakukan proses hukum dan penyelidikan lebih lanjut. Dari barang bukti narkotika Sabu yang disita, sebanyak 951,06 gram dimusnahkan dan sebanyak 71,94 gram disisihkan untuk uji laboratorium dan persidangan.

4. Laporan Kasus Narkotika : LKN / 26 / VII / 2018 / BNNP

Pada hari Selasa tanggal 24 Juli 2018 sekira pukul 18.15 Wib petugas Bea & Cukai Pelabuhan Internasional Harbour Bay Kota Batam Provinsi Kepri telah Mengamankan dua orang Pria berinisial O (20thn) dan K (26thn) WNI yang kedapatan menyimpan dan memiliki narkotika golongan I jenis Sabu. Dari kedua tersangka disita Barang Bukti Narkotika Golongan I jenis Sabu sebanyak 186 (seratus delapan puluhenam) gram, yang disembunyikan didalam tubuh melalui anus. Tersangka kemudian diserahkan kepada BNNP Kepri untuk dilakukan proses hukum dan penyelidikan lebih lanjut.

5. Laporan Kasus Narkotika : LKN / 27 / VII / 2018 / BNNP

Pada hari Minggu tanggal 29Juli 2018, anggota Pemberantasan BNNP Kepri mendapat informasi dari masyarakat tentang adanya seseorang yang bisa menyediakan / menjual beli narkoba jenis Sabu di Botania, Kota Batam. Kemudian penyidik BNNP Kepri menindaklanjuti laporan tersebut dengan melakukan penyelidikan dan melakukan penangkapan terhadap saudara P (53 Thn) WNI, di Bakso Gunung Jodoh, Jalan Duyung, Batu Ampar Kota Batam Provinsi Kepri yang pada saat ditangkap menguasai dan memiliki narkotika golongan I jenis Sabu seberat bruto 5260 (lima ribu dua ratus enam puluh) gram. Kemudian dilakukan pengembangan dan penangkapan terhadap saudari L (36 Thn) WNI, di Bengkong Permai RT 01 RW 02, Kelurahan Bengkong Laut, Kecamatan Bengkong, Komplek Nurul Jadid Blok D No.53, Kota Batam Provinsi Kepri dan ditemukan barang bukti berupa 2 (dua) unit timbangan digital.
Dari pengungkapan kasus ini BNNP Kepri berhasil membekuk 2 (dua) orang tersangka dengan total barang bukti narkotika golongan I jenis Sabu seberat bruto 5260 (lima ribu dua ratus enam puluh) gram.

Lalu pemusnahan Barang bukti dari 5 LKN hanya 3 LKN yang di musnahkan, yakni LKN nomor 23, nomor 24 dan nomor 25.

Menurut Kepala BNNP Kepri, Richard Nainggolan, selesai pemusnahan bahwa modus para tersangka dalam memasok sabu – sabu, masih menggunakan modus lama. Dan mereka adalah para TKI yang di upah sekitar Rp. 10 Juta hingga Rp. 25 Juta dengan perjanjian narkoba tersebut sampai ketempat tujuan.

Mereka membawa narkoba tersebut ke Batam menggunakan jalur ilegal dan membawa keluar Batam menggunakan jalur legal.

Atas perbuatannya tersebut tersangka dikenakan pasal 114 ayat (2), pasal 112 ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI No.35 Tahun2009 tentang Narkotika. (Arf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

Quis autem vel eum iure reprehenderit qui in ea voluptate velit esse quam nihil molestiae consequatur, vel illum qui dolorem?

Temporibus autem quibusdam et aut officiis debitis aut rerum necessitatibus saepe eveniet.

Copyright © 2015 Flex Mag Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.

To Top