Gebraknews

0

gebraknews.co.id, Batam, Terkait acara press release pengungkapan kasus di jajaran Bea Cukai (BC) dan Angkatan Laut wilayah Kepulauan Riau kinerja selama tahun 2018 ,digelar bersama para pejabat tinggi negara  di Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam. Selasa (15/01/2019).

Dari Pejabat yang datang ke Batam Menteri Keuangan, Menteri Perhubungan, Kapolri, Panglima TNI, Kejagung, Ketua komisi pemberantasan korupsi (KPK), Kepala Bea Cukai (BC) Pusat.

Diduga Bea dan Cukai Batam pilih-pilih media dalam konferensi pers atau press release  pengungkapan kasus yang digelar di pelabuhan Batu Ampar, kota Batam.

Awak media gebraknews.co.id berkonfirmasi via Whatsapp kepada Kabid BKLI (Bimbingan Kepatuhan Layanan Informasi) pada hari Senin (14/01/2019) berdasarkan terkait konferensi pers Press release ungkap kasus dalam hasil penindakan lain seperti narkotika, rokok, kayu, minuman keras, pakaian, tas, sepatu bekas, barang elektronik dan baby lobster.

Awak media gebraknews.co.id tidak ada dapat undangan untuk konferensi pers di Bea Cukai Batam.

Setelah itu Sumarna Kabid BKLI (Bimbingan Kepatuhan Layanan Informasi) menjelaskan kepada awak media gebraknews.co.id di via chatt “ini acara BC Pusat, jadi yang mengundang media adalah Humas Pusat, bahkan yang sudah diundang sudah dibriefingkan”.

Lalu awak media gebraknews.co.id via chatt kepada Kepala Kantor Bea Cukai Batam Susila Brata pada hari Senin juga (14/01/2019), “Kalau memang media gebraknews.co.id ada masalah untuk pemberitaan Bea Cukai Batam, kasih tahu mana yang permasalahan beritanya”.

Kalau memang media gebraknews.co.id tidak diperbolehkan Bermitra dengan BC Batam. Kasih penjelasannya, jadi biar tahu apa permasalahan media gebraknews.co.id. 

Setelah itu kepala kantor Bea Cukai Batam Susila Brata jelaskan kepada awak media gebraknews.co.id, yang menentukan Bea Cukai Pusat. Hasil koordinasi dengan instansi terkait, Bukan Bea Cukai Batam atau Kanwil Kepri.

Pertimbanganya bukan karena salah memberitakan, kami juga tidak tahu. Mungkin karena terbatasnya tempat.

Sebagaimana sebuah konferensi pers, sudah selayaknya kegiatan yang dilaksanakan terbuka bagi seluruh pekerja media tanpa terkecuali. Apalagi merujuk pada UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

UU NO 14 TAHUN 2008 tentang keterbukaan informasi publik, Pasal 2 ayat ; (1,2,3) Setiap Informasi Publik bersifat terbuka dan dapat diakses oleh setiap Pengguna Informasi Publik. (2) Informasi Publik yang dikecualikan bersifat ketat dan terbatas. (3) Setiap Informasi Publik harus dapat diperoleh setiap Pemohon Informasi Publik dengan cepat dan tepat waktu, biaya ringan, dan cara sederhana.

Di sisi lain, Pembatasan ruang bagi pekerja media untuk melaksanakan tugasnya melakukan peliputan, jelas tidak sesuai amanat UU Pers no No 40 Tahun.

(Red/Budi)


Like it? Share with your friends!

0

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format