Gebraknews

0

Dua direktorat jenderal (Ditjen) di Kementerian Keuangan yang mengurusi penerimaan negara berduet untuk melakukan sinergi data dengan membentuk single ID. Hasil dari sinergi ini telah menambah penerimaan negara sebesar Rp 2,1 triliun.

Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi mengatakan, penerimaan yang didapat itu sudah melewati target internal yang dipatok oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, yaitu Rp 1,7 triliun.

Sebelumnya, Sri Mulyani mengatakan, target Rp 1,7 ini sebenarnya terlalu kecil. “Ini adalah salah satu indikator keberhasilan sinergi DJBC dan DJP,” kata Heru di kantornya, Rabu (8/11).

“Sebagai bentuk koreksi dari hasil sinergi itu ke perusahaan yang belum patuh, angkanya Rp 2,1 triliun,” lanjutnya.

Dengan sinergi ini, menurut Heru, tujuan dari DJBC dan DJP adalah memberi dukungan kepada perusahaan-perusahaan yang baik dan patuh terhadap kewajiban perpajakannya. Indikator keberhasilan sinergi ini ada dua, salah satunya revenue dan peningkatan kepatuhan.

“Yang penting bukan nominalnya saja, tetapi compliance-nya yang nakal tidak berpikir lagi untuk saling mengibuli. Dulu mereka bisa lolos, tetapi sekarang karena ada joint analysis, bisa ada rekonsiliasi,” katanya.

Adapun dari joint analysis and business process dengan DJP, keduanya hingga akhir triwulan II-2017 tercatat telah melakukan 739 blokir terhadap impor berisiko tinggi. Namun, setengahnya atau 348 di antaranya saat ini sudah bisa beroperasi lagi lantaran sudah patuh.


Like it? Share with your friends!

0

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format