Gorontalo Darurat Banjir, Masyarakat Tagih Janji Walikota

Gebraknews.co.id, Gorontalo – Wilayah bebas banjir nampaknya masih jauh dari harapan masyarakat Kota Gorontalo. Pasalnya, setiap kali turun hujan sering terjadi banjir yang diakibatkan kurangnya perhatian terhadap drainase air.

Salah satu ruas jalan yang kerap digenangi air, ketika hujan

Drainase sepanjang Jalan wilayah perkantoran Kelurahan Dulalowo Timur, Kota Tengah, Kota Gorontalo, kini terlihat dipenuhi sampah maupun limbah masyarakat, yang sesaat bisa muncul di permukaan jalan akibat genangan air.

Muat Lebih

Nur Hamidah (27), warga setempat mengatakan, drainase yang kurang diperhatikan menyebabkan sejumlah ruas jalan menjadi langganan banjir. Akibatnya, sampah tersebut semakin menumpuk lantaran rongga drainase yang tersendat Limbah.

“perlu adanya pengawasan pemerintah terhadap masyarakat. Karna penyebab utama adalah kurangnya kesadaran dalam menjaga kebersihan” tutur Nur Hamida.

Lemahnya pengawasan pemerintah dinilai menjadi penyebab persoalan ini. Selain itu, kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan juga menjadikan salah satu faktor penyebabnya.

“Drainase sudah seperti tong sampah. Kalau drainasenya terbuka, sampah terlihat menumpuk. Apalagi di drainase yang kondisinya tertutup,” kata Nur Halida kepada Awak media Ikatan Kuli Tinta Indonesia (IKTI) Gorontalo, Selasa (23/4).

Tambahnya, kalau hal ini tidak segera di perbaiki, maka kondisi akan semakin parah dan bisa menimbulkan kerugian lainnya

“ini suda lama kami tunggu di perbaiki, namun hingga saat ini tak ada satupun realisasi dari pemerintah kota” ungkapnya.

Warga lainnya, Halim Kusuma mengungkapkan, di saat penghujan datang jalan tersebut penuh digenangi air yang meluap dari drainase. Di tambah lagi volime air hujan yang begitu tinggi. Sehingga bisa menutupi ruas jalan yang ada.

“disini banyak lubang, jadi kalau hujan pengendara sulit melihat lubang tersebut, dengan ini potensi kecelakaan bisa terjadi” jelas Halim.

Lanjut Halim, meskipun permasalahan drainase sudah sejak lama ada namun hingga kini tidak kunjung diselesaikan.

“Saya sering melintas di Jalan ini, dan banyak di temukan sampah. Sudah lama itu drainase banyak sampah, tapi tidak pernah diperhatikan, terkesan pemerintah seakan tutup mata terkait persoalan ini,” Pungkasnya.

(Bachrudin)

Pos terkait