Kapolsek Lembeh Selatan Pimpin Apel Peringatan Hari Kesiapan Bencana

Gebraknews.co.id, Bitung – Kapolsek Lembeh Selatan, Iptu Rj. Lumandung. SH memimpin apel kegiatan ‘Deklarasi Masyarakat Kota Bitung Siap Untuk Selamat’. Kegiatan ini diadakan dalam rangka peringatan hari kesiapan bencana, Jum’at (26/4).

Muat Lebih

Acara ini diisi dengan deklarasi masyarakat dan bersih-bersih pantai yang dilakukan di Trikora Kelurahan Batulubang, Kecamatan Lembeh Selatan. Turut hadir dalam kegiatan ini jajaran TNI Polri, Pemerintah kecamatan lembeh, para Lurah, Pala dan RT/RW serta seluruh THL dan sejumlah masyarakat Kecamatan Lembeh Selatan.

Iptu Rj. Lumandung berharap dengan diadakannya kegiatan ini masyarakat lebih siaga bencana dan peduli dengan kebersihan lingkungan. Dia menyebut secara tidak langsung budaya kebersihan akan berimbas kepada kondusifitas di lingkungan.

“Harapan saya agar semua masyarakat lebih siaga bencana dan menyadari bahwa kebersihan dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan. Dengan demikian, kebersihan akan menjadi budaya untuk generasi bangsa kedepan, dan imbasnya situasi kamtibmas akan lebih kondusif,” terangnya.

Kapolsek yang juga penggagas taman bacaan yang cukup populer di Lembeh Selatan ini mengakui, bahwa masyarakat di wilayahnya saat ini sudah mulai sadar akan kesiagaan terhadap bencana, mulai dari dari orangtua hingga anak-anak sudah diberi pemahaman tentang siaga bencana.

“Ketika terjadi bencana, maka seluruh masyarakat terutama Ibu-ibu dan anak-anak umumnya sudah mengetahui apa yang harus dia lakukan dan dimana dia harus berlindung. Dan mereka tidak panik melainkan meningkatkan waspada,” kata Kapolsek.

Kegiatan  deklarasi siaga bencana berjalan dengan lancar dan dilanjutkan dengan bersih-bersih areal sekitar pantai. Kapolsek ikut turun tangan membersihkan sampah di sekitar pantai bersama masyarakat. Masyarakat yang hadir juga terlihat cukup antusias mengikuti kegiatan ini. (Ifn)

Pos terkait