Media Gebraknews.co.id dan Paguyuban Gonjong Limo Bantu Renovasi Rumah Warga

Gebraknews.co.id, Batam – Wajah sayu Isdawati sumringah seketika, saat rombongan dari media Gebraknews dan Gonjong limo Batam menggotong sejumlah material bangunan menuju rumahnya. Ya, Hari ini juga, Minggu (16/6/2019), rumah kecil Isdawati akan segera direnovasi.

Sebelumnya, kondisi rumah warga Seraya Atas, Kecamatan Lubuk Baja ini memang amat memprihatinkan, gubuk ukuran 6×5 meter itu sebetulnya sudah tak layak huni. Atap rumah bocor dimana-mana, dinding triplek tampak sudah bolong dan lapuk di makan usia. Jika melihat kedalam, tidak ada perabotan yang memadai. Memang sudah tak layak lagi disebut rumah.

Muat Lebih

Wanita paruh baya itu tak bisa berbuat banyak. Kondisi fisiknya yang sudah ringkih digerogoti berbagai penyakit membuatnya tak bisa leluasa beraktifitas seperti sediakala. Tangan dan kaki kanan Isdawati lumpuh akibat stroke yang dideritanya. Kepada suami pun ia tak mampu banyak berharap, dengan fisik yang sudah menua, lelaki itu, kini tak punya pekerjaan tetap.

Kepada anaknya pun dia belum bisa menggantungkan asa, sebab anak lelakinya yang satu-satunya itu masih lagi kecil, belum bisa banyak membantu, anak tunggalnya itu baru lulus SMP. Itupun nasibnya kini terkatung-katung, entah bisa melanjutkan sekolah ke jenjang SMA entah tidak, sebab keterbatasan biaya.

Kehidupan mereka sehari-hari lebih banyak berharap pada belas kasihan tetangga dan orang-orang yang peduli, disamping berusaha apa yang mereka bisa.

“Beginilah kondisi kami, saya sendiri sudah sakit-sakitan. Saya tak mampu lagi bekerja, karna tangan dan kaki sebelah kanan lumpuh, bicara pun sekarang susah. Beginilah adanya kondisi rumah, kalau hujan rumah bocor sana-sini dan dinding rumah sudah mau roboh,” kata Isdawati lirih. Tangisnya hampir saja menyemburat saat bercerita kondisinya kepada Gebraknews.

Mulanya, Gonjong Limo Cabang Sei Beduk yang mengambil inisiatif karna prihatin dengan nasib Isdawati, berkat urunan pengurus dan anggota, terkumpulah dana untuk membeli bahan bangunan. Beberapa pengurus Kota Batam juga turut membantu. Sehingga terencanalah bantuan untuk renovasi rumah tersebut.

“Ini inisiatif dari kami Gonjong limo yang memang cukup prihatin dengan kondisi Buk Isdawati, berkat urunan dengan kawan-kawan di Gonjong limo maka rencana ini bisa terealisasi,” kata Novri Piliang, Ketua Cabang Gonjong Limo Sei. Beduk.

Media Gebraknews pun turut ambil bagian, mendapat informasi tentang kondisi warga tersebut, media ini langsung memastikan apa kebutuhan material yang harus dicukupi. Paginya, lori bahan bangunan dari Gebraknews dikirim ke lokasi.

Kamal Asni Pimpinan Umum media Gebraknews mengatakan, bantuan ini adalah sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, terutama yang kurang beruntung.

“Bantuan ini sebagai bentuk kepedulian kami kepada masyarakat, terutama masyarakat yang kurang beruntung. Alhamdulillah ada sedikit rezeki, ketika mendapat informasi yang menggugah hati tersebut kami langsung memutuskan untuk turut membantu, semoga kedepan kami senantiasa diberi kesempatan untuk lebih banyak memberi manfaat bagi masyarakat,” ujar Kamal.

Ketua umum Gonjong Limo Batam, H. Elvis Davisco mengapresiasi langkah media Gebraknews dan Gonjong limo, utamanya cabang Sei. Beduk yang telah menjadi inisiator untuk membantu meringankan beban warga yang kurang beruntung itu.
“Kami dari Gonjong limo Batam mengapresiasi dan berterima kasih atas langkah kawan-kawan dari media Gebraknews dan Gonjong Limo Cabang Sei. Beduk yang telah turut ambil bagian membantu masyarakat seperti ibu Isdawati ini. Harapan kami kedepan selalu terjalinnya kekompakan dan rasa kepedulian terhadap sesama. Organisasi kita ini banyak bersifat sosial untuk saling membantu, dan bahu membahu dengan kebersamaan,” papar Davisco.

lelaki yang juga seorang pengusaha sukses di Batam itupun turut terjun kelokasi membantu pekerjaan tersebut.

Menjelang siang, gubuk Isdawati usai dibongkar. Rencananya pengerjaan rumah ini akan diselesaikan hari ini juga dengan bangunan semi permanen.

Setelah renovasi usai, Isdawati tentu tak lagi cemas jika hujan datang, atau dinginnya malam yang merasuk dari celah-celah dinding yang bolong. Kendati masih ada hal-hal lain yang merisaukan hatinya, setidaknya satu beban hidupnya terurai.
(Ifan)

Pos terkait