Gebraknews.co.id, Batam – Tim F1QR Lanal Batam dengan Patkamla Sea Rider 2 telah melaksanakan Jarkaplid terhadap speedboat viber tanpa nama mesin Yamaha 40 PK, yang membawa barang elektronik di Perairan Pulau Dangsi Kec. Sagulung Batam, pada koordinat 1 00′ 439″N 103 59 304 E., pada hari Minggu (07/10/18). Ekspose bertempat di pelabuhan Lanal Batam, Senin (08/10/18).

Menurut Kolonel Laut (E) Iwan Setiawan SH, Penangkapan berawal dengan adanya informasi Inteljen bahwa akan adanya aktifitas speedboat tanpa nama yang diduga membawa barang-barang ilegal seperti narkoba dan mikol di Sungai Pengabu (Putri Hijau) Sagulung Batam. Selanjutnya Tim F1QR Lanal Batam dengan menggunakan Patkamla Sea Rider 2 Lanal Batam melaksanakan patroli penyekatan di beberapa titik yang kemungkinan akan dilalui oleh speedboat bermuatan barang ilegal tersebut.

 

“Berdasarkan informasi tersebut, pada hari Sabtu tanggal 6 Oktober 2018 sekira pukul 20.00 Wib Tim F1QR Lanal Batam dengan Patkamla Sea Rider 2 melaksanakan kegiatan pemantauan serta patroli penyekatan di sekitar Pulau Dangsi Sagulung Batam,” Ucap Kolonel Laut Iwan.

Pada pukul 21.35 Wib pada saat melaksanakan pemantauan, Tim F1QR Lanal Batam melihat secara visual adanya 1 (satu) buah speedboat tanpa nama mengarah ke Sungai Pengabu, selanjutnya Tim F1QR dengan Patkamla Sea Rider 2 menuju ke arah speedboat tersebut di perair Muara Sungai Pengabu.

“Selanjutnya terlihat oleh Tim F1QR Lanal Batam adanya 1 buah speedboat viber yang keluar dari sungai Pengabu, Tim melaksanakan Jarkaplid terhadap SB tanpa nama yang mengarah ke Pulau Dangsi, namun speed tersebut terus mencoba melarikan diri dengan cara menambah kecepatan dan berusaha menerobos ke bebakauan sampai akhirnya terperosok dalam bakau,” Tambah Kolonel Laut Iwan.

Pada tanggal 7 Oktober 2018 pukul 00.05 Wib Tim berhasil mengamankan 1 (satu) buah speedboat, dilanjutkan melaksanakan pemeriksaan dan didapati Tekong/ABK melarikan diri dengan cara melompat ke bakau-bakau, sedangkan speedboat diketahui bermuatan barang elektronik/handpone.

“Selanjutnya Tim F1QR Lanal Batam dengan Patkamla Sea Rider 2 mengamankan speedboat beserta muatan dan dibawa menuju dermaga Lanal Batam untuk proses lebih lanjut,” Lanjut Kolonel Laut Iwan.

Barang elektronik yang berhasil diamankan berupa handpone sebanyak 66 dus total 2.358 picis, dengan berbagai merk antara lain |phone, Xiaomi, Vivo, Oppo, Sony Experia dan Advan.

“Selanjutnya Tim F1QR Lanal Batam akan melaksanakan pengembangan terhadap pemilik speedboat dan pemilik barang serta Tekong/ABK dari speedboat tersebut,” Tutup Kolonel Laut Iwan. (Arf)