Perbaikan Pembangkit Listrik PLN di Panaran Akan Segera Rampung

Gebraknews.co.id, Batam – Pemadaman listrik yang terjadi beberapa hari belakangan ini adalah akibat kerusakan dan juga perawatan berkala pada mesin pembangkit bright PLN Batam. Hal itu terbukti dalam kunjungan Gebraknews bersama puluhan awak media yang didampingi petinggi PLN Batam untuk melihat langsung bagaimana kondisi pembangkit PLN, Jum’at, (12/4/2019).

Titik yang dikunjungi diantaranya, PLTU Tanjung Kasam, PLTG Panaran, BCC (Batam Control Center) dan Cervice Business Unit bright PLN Batam.

Muat Lebih

Dalam kunjungan ke PLTU Tanjung Kasam diketahui di pembangkit ini tengah dilakukan perawatan berkala. Sebelumnya, Dirut PLN Batam Dadan Kurniadipura mengatakan perawatan mesin pembangkit dilakukan periode 8 tahun sekali, dan kebetulan jatuhnya adalah saat ini.

Sementara itu, di PLTG Panaran, sedang dilakukan perbaikan akibat kerusakan tak terduga dari mesin pembangkit. Seperti yang pernah diberitakan, kerusakan mesin pembangkit di Panaran tak terduga sebelumnya.

Manager Operasional PLTG Panaran, Benediktus Lilik Arie Susetyo yang ditemui dilokasi mengatakan terjadi kerusakan 2 komponen dari mesin pembangkit di Panaran yaitu Power Turbin dan Gas Generator.
“Kapasitas keseluruhan pembangkit Panaran adalah 160 Megawatt(Mw), namun sejak pertengahan Maret diketahui ada 2 komponen kita di mesin pembangkit yang mengalami kerusakan yaitu Power Turbin dan Gas Generator, komponen Power Turbin diperkirakan memakan biaya 30 milyar tapi kemungkinan akan kita sewa , sedangkan Gas Generator mencapai 3 juta dolar. Pengerjaannya diperkirakan akan rampung pada tanggal 24 April. Akibat perawatan ini, untuk sementara kita memakai pembangkit cadangan,” ujar Benediktus.

Benediktus Lilik juga mengatakan, secara keselurahan daya devisit 30 MW, namun untuk sementara di backup oleh pembangkit cadangan. Dia juga menyebut ini adalah kerusakan pertama dari pembangkit Panaran sejak dioperasikan tahun 2006.

Kendati mengalami kendala tersebut, bright PLN Batam berupaya untuk ketersediaan pasokan listrik dengan mengaktifkan seluruh pembangkit cadangan yang ada. Pihak PLN juga menjamin kelancaran listrik selama Pemilu mendatang, upaya untuk antisipasi juga dilakukan dengan mencadangkankan puluhan unit Genset yang ditempatkan di KPU, Bawaslu, maupun Kecamatan yang ada di Kota Batam.

(Kamal)

Pos terkait