Gebraknews

0

Gebraknews.co.id, Batam – Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Belakangpadang, Faizal menargetkan pleno rekapitulasi suara selesai dalam lima hari. Pleno rekapitulasi suara hasil Pemilu 2019 tingkat Kecamatan Belakangpadang, dimulai Jumat (19/4) siang.

“Kita targetkan selesai dalam lima hari. Tapi kalau kurang, bisa ditambah lagi waktunya. Karena KPU (Komisi Pemilihan Umum) memberi waktu dua minggu,” kata Faizal.

Ia menjelaskan kegiatan penghitungan suara ini dimulai dengan rekapitulasi tingkat kelurahan atau Panitia Pemungutan Suara (PPS). Kelurahan pertama yang dihitung suaranya yakni Pecung, lalu Pemping, Pulau Terung, dan Kasu. Kemudian dua kelurahan di pulau utama Belakangpadang, Sekanak Raya dan Tanjungsari.

“Total ada 70 TPS (tempat pemungutan suara) di Belakangpadang. Pleno tingkat PPS kita mulai dari yang paling sedikit jumlah TPS-nya. Setelah selesai tingkat PPS, terakhir rekapitulasi tingkat kecamatan,” kata dia.

Faizal mengatakan pelaksanaan Pemilu serentak di Belakangpadang berjalan lancar. Distribusi logistik berjalan baik, sesuai jadwal.

Logistik Pemilu diantar dari pulau ke pulau dengan kapal mesin tempel. Pengawalan pihak kepolisian dilakukan sampai ke TPS. Menurutnya cuaca cukup mendukung sehingga tidak ada keterlambatan atau kerusakan logistik dalam proses pendistribusian.

“Pengantaran kembali ke Gedung Nasional juga berjalan lancar. Semua selesai pas tanggal 18 (April). Pukul 17.00 sore, terakhir masuk,” ujarnya.

Ia menceritakan pada hari pemungutan suara sempat ada kekurangan surat suara. Namun dapat ditutupi dengan meminta dari TPS lain. Pengambilan surat suara dari TPS lain pulau juga dilakukan dengan transportasi yang telah disiapkan pihak kecamatan

“Kemarin itu ada yang kurang surat suara pemilihan Presiden dan DPR RI. Di Tanjungsari ada kurang, ambil dari TPS terdekat. Di Pulau Terung ada kurang, kita antar,” sebut pria yang sudah beberapa kali menjadi KPPS ini.

Terkait partisipasi pemilih, kata Faizal, terjadi peningkatan dibanding Pemilu 2014 lalu. Saat ini partisipasi pemilih di Belakangpadang mencapai lebih dari 76 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 15.313 jiwa

Camat Belakangpadang, Yudi Admajianto mengatakan antusiasme masyarakat pada Pemilu kali ini cukup baik. Bahkan warga saling telepon bila ada keluarga atau tetangganya yang belum terlihat di TPS.

“Di sini kan kekeluargaannya sangat kental. Satu sama lain saling kenal dan hafal. Jadi kalau ada yang belum muncul di TPS, mereka telepon satu satu,” tutur Yudi.

(Ar,mcb)


Like it? Share with your friends!

0

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format