0

gebraknews, Jakarta – Sekelompok masyarakat yang mengatasnamakan Bantuan Hukum Kebangkitan Indonesia Baru (KBH-KIB) melaporkan paslon capres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno ke Bawaslu terkait dugaan pelanggaran kampanye di luar jadwal. Hal itu terkait pidato Prabowo-Sandiaga yang menyampaikan visi misi dan disiarkan di televisi swasta.

“Pada saat tanggal 14 Bapak Prabowo dan Sandiaga Uno, kami lihat dan kami simpulkan bahwa melanggar tentang dugaan pemilu. Artinya sebelum pemilu itu dilaksanakan dia sudah lebih dahulu seperti itu,” kata kuasa hukum pelapor KBH-KIB Mangaraja Simanjuntak, di Bawaslu RI, Jakarta, Rabu (16/1/2019).

Ia menduga Prabowo-Sandiaga melakukan curi start kampanye. Menurutnya penyampaian visi misi itu memenuhi unsur yang ada di dalam UU Pemilu pasal 274. Menurutnya dalam pidato Prabowo juga ada ajakan untuk memilih.

“Visi dan misi dan program merupakan bentuk materi kampanye. Jadi, di pasal 274 sudah dijelaskan. Visi dan misi dan program merupakan bentuk materi kampanye,” ungkapnya.

Ia menduga Prabowo-Sandiaga melakukan curi start kampanye dengan menyampaikan visi-misi di stasiun televisi. Mangaraja menyebut dugaan pelanggaran itu terjadi di beberapa menit tertentu di mana Prabowo dan Sandiaga memaparkan visi misinya.

“Bahwa pelanggaran sebagaimana yang terhitung dalam durasi 00.01 sampai dengan menit ke 00.13 yang menyatakan 5 visi misi Indonesia Menang dan gagasan gemilang, adil, makmur bersama Prabowo Sandi Presiden RI 2019-2024. Artinya di situ untuk Pak Sandinya ya,” ujar Mangaraja.

“Kalau untuk Prabowo nya itu menit terakhir. Kita di sini bahwa pelanggaran lainnya terhitung pada durasi ke 1.17.52 detik sampai dengan 1.18.04 yang menyatakan bahwa ‘kami butuh dukungan saudara, kami butuh kepercayaan saudara-saudara sehingga kita bisa bersama-sama mewujudkan cita-cita kita semua’,” ungkapnya.

Adapun barang bukti yang dibawa adalah CD berisi pidato Prabowo saat menyampaikan visi misi di JCC pada tanggal (14/1). Serta barang bukti berupa rilis resmi yang dibagikan timses Prabowo-Sandiaga terkait acara itu. (GN/detik)


Like it? Share with your friends!

0

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format