0

gebraknews, Pemalang – Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut Jawa Tengah lebih luas daripada Negara Malaysia. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo hanya tertawa menanggapi luas wilayah yang dipimpinnya itu turut disinggung dalam debat.

“Ya lumayanlah Jawa Tengah disinggung tadi ya, soal luasan hehehe,” kata Ganjar usai menyaksikan debat capres di Cafe Wapres JK Pemalang, Kamis (17/1).

Dilansir dari Wikipedia, luas Jateng yakni 32.548 kilometer persegi, atau sekitar 28,94% dari luas Pulau Jawa. Sementara Malaysia adalah sebuah negara federal yang terdiri dari 13 negeri (negara bagian) dan tiga wilayah federal di Asia Tenggara dengan luas 329.847 kilometer persegi.

Secara keseluruhan lanjut Ganjar, debat pertama tersebut berlangsung menarik. Masyarakat Indonesia begitu antusias menanggapi hal itu, khususnya warganet.

“Saya nonton langsung dan mengikuti suara netizen, wah serunya minta ampun. Saya menuliskan beberapa qoute yang ada di situ dan responsnya luar biasa. Mudah-mudahan semua belajar dan mengikuti terus perdebatannya,” tambahnya.

Terkait pertanyaan dari panelis, Ganjar menerangkan jika pertanyaan yang diajukan cukup bagus. Mekanisme debat yang hanya membacakan pertanyaan dari panelis tidak membuat ketegangan.

“Saya mengalami itu dalam debat Pilgub dimana panelis dihadirkan. Dengan hanya dibacakan pertanyaannya, ini membuat suasananya tidak terlalu tegang. Penontonnya kalau dilihat dari TV tadi ndak seru, tapi saya yakin di sananya pasti sangat seru,” ucapnya.

Kritik tajam disampaikan Ketum PKPI Diaz Hendropriyono. “Tampaknya Pak Prabowo perlu belajar lagi mengenai peta buta yang diajarkan di sekolah dasar. Pernyataan bahwa Jawa Tengah lebih besar daripada Malaysia sangat bertolak belakang dengan kenyataan yang ada. Malaysia memiliki luas 10 kali lipat dibandingkan Jawa Tengah (329.847 km2 vs 32.554 km2),” kata Diaz dalam keterangannya, Jumat (18/1).

Diaz juga menyinggung isu perempuan yang jadi perdebatan antara Joko Widodo dan Prabowo dalam debat capres 2019 perdana. Menurut Diaz, Prabowo tak sensitif terhadap isu tersebut.

Diaz menyebut Partai Gerindra, yang telah aktif di panggung politik Indonesia selama 10 tahun terakhir, belum memberikan kesempatan kepada perempuan untuk menduduki posisi-posisi strategis di partai. Diaz lantas menyinggung soal isu glass ceiling.

“Hal ini mencerminkan isu glass ceiling yang dihadapi kaum perempuan di seluruh dunia: begitu banyak perempuan dengan kemampuan dan kecakapan besar tidak mencapai posisi terdepan di bidang yang mereka pilih karena terhalang organisasi yang berkutat dengan lelaki saja. Hal ini kontras dengan pemerintahan Jokowi yang terlihat memiliki komitmen terhadap perempuan dengan memberikan kesempatan representasi secara signifikan dalam kabinet Jokowi,” sebut Diaz.

Diaz juga menyinggung pernyataan Prabowo yang dinilai menyiratkan bahwa menaikkan gaji birokrat bisa menghilangkan korupsi. Menurutnya, ini salah atau menyesatkan.

Bagi Diaz, kenaikan gaji tidak berbanding lurus dengan hilangnya korupsi. Dia lantas berbicara soal Singapura dan Denmark.

“Denmark merupakan negara dengan indeks korupsi terkecil berdasarkan data Transparency International, sedangkan Singapura ada di peringkat ke-7. Namun gaji dari pemimpin birokrasi (kepala pemerintahan) di Singapura justru jauh lebih besar daripada Denmark. Gaji merupakan elemen penting dalam pemberantasan korupsi, namun tetap harus diikuti dengan kontrol demokratis dengan peningkatan transparansi pemerintahan, perbaikan sistem manajemen pemerintahan, dan individu-individu yang memiliki integritas, yang mana hal ini telah dilakukan Pak Jokowi,” sebutnya. (gn/cnn indonesia detik)


Like it? Share with your friends!

0

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format