2000 Murid SD Ikuti Gerak Jalan Beregu Peringatan HUT RI ke 74 Tingkat Kota Batam

Gebraknews.co.id, Batam – Hampir  2.000 siswa sekolah dasar semangat mengikuti lomba gerak jalan beregu dalam rangka HUT ke-74 Republik Indonesia tingkat Kota Batam. Lomba yang digelar di Batam Centre, Sabtu (3/8), ini menjadi agenda pembuka rangkaian perayaan hari kemerdekaan tahun 2019.

Peserta gerak jalan dari sekolah dasar yang ada di Batam ini sebanyak 177 regu. Terdiri dari 88 regu SD putra dan 89 regu putri.

Muat Lebih

Barisan regu dari SD ini dilepas terlebih dulu. Mereka akan menempuh perjalanan sejauh 5km.

Selain peserta SD putra-putra, kategori 5km ini juga diikuti peserta dari PGRI 12 kecamatan, serta 31 regu perwakilan PKK, Gabungan Organisasi Wanita, Dharma Wanita, perbankan, asuransi, perhotelan, dan masyarakat umum putri.

Kategori kedua yaitu gerak jalan beregu 8km. Pesertanya terdiri dari 68 regu SMP/MTs putra, 59 regu SMP/MTs putri, 43 regu SMA/SMK/MA putri, 27 regu Organisasi Perangkat Daerah (OPD), BUMN, umum, perhotelan putra, serta 15 regu OPD, BUMN putri, dan mahasiswi.

Dan kategori ketiga yaitu 53 regu SMA/SMK/MA putra, 12 regu organisasi masyarakat, OKP, mahasiswa, dan instansi putra, serta 11 regu TNI/Polri.

“Total 503 regu dengan massa sekitar 10.000 orang,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Batam, Hendriana Gustini.

Total hadiah yang diperebutkan yaitu Rp 226.500.000. Selain juara tiap kategori juga akan diambil lima juara favorit.

Walikota Batam, Muhammad Rudi berpesan kepada para peserta untuk berhati-hati dalam perjalanan. Karena lomba gerak jalan ini menggunakan jalan umum.

“Mudah-mudahan tidak mengganggu aktivitas lalu lintas dan lainnya. Sehingga gerak jalan ini tidak diprotes karena mengganggu jalan umum,” ujarnya.

Dan kepada dewan juri, Rudi kembali mengingatkan agar berlaku adil. Peserta yang memang berhaklah yang harus dimenangkan.

“Kepada anak-anak ayo tanamkan di hati kalian bahwa merebut kemerdekaan itu susah. Kita hanya tinggal mengisinya. Apa yang mau kita lakukan pada 2019 ke depan supaya pengisian kemerdekaan ini sempurna seperti yang diidamkan orang tua kita sebelumnya,” tuturnya. (Mcb)

Pos terkait