700 Anak TK se-Kecamatan Bengkong Ikuti Manasik Haji

Gebraknews.co.id. Batam – Ratusan anak-anak tampak antusias belajar menjalankan simulasi ibadah haji, dalam kegiatan manasik haji yang diadakan oleh Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia bekerja sama dengan K3S Kecamatan Bengkong di Asrama Haji Batam Center, Sabtu (23/11/2019).

Muat Lebih

Kegiatan manasik haji itu diikuti sekitar  700 siswa, usia Taman Kanak-Kanak (TK) dari 17 lembaga se kecamatan Bengkong.
Meski cuaca cukup terik, tetapi anak-anak tersebut cukup semangat.

Dengan mengenakan pakaian ihram anak anak tampak semangat menjalankan serangkaian rukun haji, sambil membaca talbiyah dan sebagainya.

Panasnya cuaca tak menyurutkan semangat ratusan bocah itu untuk mengikuti kegiatan sampai selesai.

Surtilah, ketua K3S Kecamatan Bengkong mengungkapkan, manasik haji tersebut merupakan kegiatan pembekalan kepada anak terkait prosesi haji tak hanya dalam konteks teori namun juga praktiknya.

”Antusias anak-anak luar biasa, ini yang berangkat kelas TK A dan B. Mereka jauh-jauh hari sudah mempersiapkan atau latihan di sekolah masing masing hari ini adalah praktek langsung di depan reblika Ka’bah. Walau suasanya panas, mereka tetap semangat,” ujarnya.

Dia juga mengatakan bahwa mengenalkan semua ibadah sejak dini itu sangat penting. Khususnya dalam rangka mengenalkan lima rukun Islam. Kegiatan ini juga dinilai sangat membantu mendidik anak-anak tentang ibadah haji.

Hal senada juga dikatan oleh ketua IGTKI kecamatan Bengkong. Solpiyanuryani. “Latihan manasik haji Ini sebagai gambaran praktek langsung kepada anak-anak, di mana rukun Islam yang kelima itu sebenarnya wajib dilaksanakan,” jelasnya.

Dengan adanya manasik haji ini, ia berharap anak-anak akan menyadari bahwa rukun islam kelima itu wajib dilaksanakan jika mampu. Sehingga diharapkan kelak mereka supaya benar-benar bisa berhaji dengan langkah yang benar dan bisa membuka wawasan orang tua agar bisa menunaikan ibadah haji.

Ditambahkannya, tujuan dari kegiatan manasik itu juga bagian untuk meningkatkan iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan meningkatkan ukhuwah islamiyah. ”Dan kegiatan ini adalah kegiatan yang rutin kami adakan setiap tahunya,” imbuhnya. (Mal)

Pos terkait