Aksi Vandalisme Rusak Tampilan Monumen Raja Haji Fisabilillah, Kadisparbud Tanjungpinang Minta Masyarakat Ikut Mengawasi

Gebraknews.co.id, Tanjungpinang – Aksi vandalisme atau perbuatan merusak karya seni masih terjadi di Kota Tanjungpinang.

Kali ini, sasarannya adalah Monumen Raja Haji Fisabilillah yang terletak di Jalan Hang Tuah, Tanjungpinang, Propinsi Kepri.

Muat Lebih

Alhasil, akibat ulah tangan yang tidak bertanggungjawab tersebut, bagian dinding Monumen Raja Haji Fisabilillah tampak sembrawut dengan coretan berbagai rupa yang membuat tampilannya tidak lagi elok dipandang. Pelakunya diduga sengaja mencorat-coret dinding tersebut menggunakan cat pilox warna hitam.

Bukan hanya coretan yang terdapat di monumen ini, relief yang bergambarkan pahlawan di monumen itu terkupas dari kedudukan dan ada juga yang hilang.

Terkait aksi vandalisme yang terjadi Monumen Raja Haji Fisabilillah itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Surjadi, menghimbau agar masyarakat ikut mengawasi dan menjaga fasilitas publik.

“Kita minta kesadaran masyarakat untuk sama-sama menjaga berbagai fasilitas publik. Mohon untuk tidak ada vandalisme di fasilitas umum dan fasilitas sosial,” ucap Surjadi, Senin (19/8/2019).

Untuk dinding yang dicoret tersebut, Surjadi menyebut pihaknya akan melakukan pembersihan dan selanjutnya melakukan pengawasan. Dia meminta agar siapapun yang melakukan hal tersebut untuk tidak mengulanginya lagi demi kebersihan dan kenyamanan Kota Tanjungpinang.

“Kita bersama mengawasi hal-hal seperti ini, kalau Sudah terjadi seperti ini akan kita lakukan pembersihan. Tetapi semua tidak akan efektif, kalau tidak ada kerjasama dan kesadaran dari semua pihak,” tutup Surjadi.

(Mch)

Pos terkait