Amsakar Minta TPID Cek Kesediaan Bahan Pokok Akhir Tahun

Gebraknews.co.id, Batam – Wakil  Wali Kota Batam, Amsakar Achmad meminta agar Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Batam mengecek persediaan bahan kebutuhan pokok menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal itu disampaikannya dalam rapat TPID Kota Batam di Kantor Bank Indonesia Kantor Perwakilan Kepulauan Riau di Batam Centre, Rabu (4/12).

“Perlu gambaran persediaan barang sampai akhir tahun. Distributor jaga distribusi barang dan pasokan,” pesannya.

Bacaan Lainnya

Amsakar juga mengingatkan terkait harga tiket baik udara maupun laut yang cenderung naik menjelang Natal. Pihak maskapai penerbangan diharapkan untuk tidak menaikkan harga tiket terlalu tinggi.

Kepada Satgas pangan, Amsakar juga meminta untuk melakukan inspeksi mendadak baik ke pasar maupun distributor. Ini bertujuan untuk mengecek harga di pasar dan persediaan komoditas di distributor. Cuaca ekstrim saat ini menurutnya juga harus menjadi perhatian karena akan berpengaruh pada harga ikan di pasaran.

“Jangan sampai ada distributor yang menahan satu komoditi karena ini yang dapat menyebabkan tingginya harga di pasar,” kata dia.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam, Mardanis memastikan ketersediaan bahan pokok jelang Natal aman. Namun, elemen distributor tidak bisa menjamin kepastian harga.

“Kalau soal stok, Batam tidak pernah berkurang. Untuk Natal cukup, distributor kita tahu tentang kebutuhan pangan di Batam. Yang penting jangan ada yang menaikkan harga tanpa alasan jelas,” ungkapnya.

DKPP, kata dia, saat ini tengan berupaya mendorong produksi pangan lokal. Adapun komoditas paling potensial kini adalah sayur. Bahkan kini komoditas cabai hijau sudah mampu diswasembada.

“Kebutuhan harian cabai hijau sekitar 3-4 ton kini sudah bisa dipenuhi petani binaan Ketahanan Pangan. Kami terus lakukan upaya peningkatan produksi,” kata dia. (Mcb)

Pos terkait