Antisipasi Banjir, DLH Rohil Bersihkan Sungai Pabrik

Gebraknews.co.id, Rohil – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir, kembali membersihkan sungai pabrik, yang terletak antara kelurahan Bagan Hulu dan Kelurahan Bagan Punak dengan mengerahkan puluhan petugas kebersihan, Rabu, (8/7/20).

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir di daerah sepanjang aliran sungai itu, mengingat intensitas curah hujan akhir akhir ini cukup tinggi.

Bacaan Lainnya

Dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Suwandi Sos. didampingi Kabid Kebersihan Abdul Rauf turut ikut memantau proses pembersihannya

“Hari ini kita melakukan pembersihan sungai pabrik. Pekerjaan yang dilakukan mulai dari membersihkan rumput-rumput yang sudah mulai menutupi sungai yang menyebabkan aliran air kurang lancar,” tutur Suwandi.

Selanjutnya, suwandi mengatakan bahwa pembersihan sungai saat ini dilakukan dengan cara manual dengan alat seadanya dengan jumlah petugas yang diturunkan sebanyak 25 orang.

“Hari ini kita menurunkan petugas sebanyak 25 orang,” katanya lagi.

Untuk diketahui, sungai pabrik adalah satu satunya sungai yang menjadi akses dalam megalirkan air dari pemukiman warga ke laut untuk beberapa daerah di Bagan Siapiapi.

“Sungai pabrik sangat penting artinya karna menampung curahan air dari beberapa titik terutama di wilayah kelurahan Bagan Timur dan Bagan Hulu,” papar Suwandi.

“Sehinga,” tambahnya lagi, “dengan dilakukan pembersihan secara rutin diharapkan tumbuhan liar yg selama ini menutupi permukaan sungai bisa diminimalisir, terutama eceng gondok.”

(Cahyani)

Pos terkait