BAZNAS Kota Batam Buka Pendaftaran Pimpinan Baru, Ini Syaratnya

Gebraknews.co.id, Batam – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Batam sedang mencari pimpinan. Pendaftaran bagi pimpinan BAZNAS Batam periode 2020-2025 ini akan dibuka hingga 22 Maret mendatang.

Ketua Tim Seleksi, Yusfa Hendri mengatakan seleksi ini terbuka bagi seluruh warga negara Indonesia beragama islam yang usianya tidak kurang dari 40 tahun.

Bacaan Lainnya

“Tentunya harus sehat jasmani dan rohani serta memiliki kompetensi di bidang pengelolaan zakat. Calon peserta tidak diperkenankan merangkap jabatan sebagai pengurus atau pegawai pengelola zakat lain,” tutur Yusfa di Batam Centre, Rabu (26/2).

Syarat lainnya yaitu tidak menjadi anggota partai politik. Dan tidak pernah dihukum pidana penjara lebih dari 5 tahun.

Bagi yang berminat dan memenuhi persyaratan dapat mengirim lamaran disertai lampiran berkas. Lamaran ditulis tangan dengan tujuan Tim Seleksi Calon Pimpinan BAZNAS Kota Batam serta dibubuhi tanda tangan bermaterai Rp6.000.

Berkas yang perlu dilampirkan yaitu daftar riwayat hidup, fotokopi KTP dan KK yang dilegalisir Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Kemudian fotokopi ijazah terakhir berlegalisir pejabat berwenang. Dan pas foto berlatar biru terbaru (enam bulan terakhir) ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar.

“Ada beberapa surat yang harus dilengkapi yaitu surat keterangan sehat jasmani dan rohani serta bebas narkoba dari rumah sakit pemerintah. Lalu surat keterangan dari Pengadilan Negeri yang menyatakan tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 tahun atau Iebih,” ujarnya.

Yusfa mengatakan untuk pegawai negeri sipil, apabila ingin mendaftar harus mendapatkan surat izin dari atasan langsung.

Surat lain yang harus dibuat yaitu pernyataan bersedia bekerja penuh waktu, tidak menjadi anggota partai politik, tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis, tidak rangkap jabatan sebagai pengurus dan/atau pegawai pengelola zakat lain, serta bersedia mengikuti sertifikasi pimpinan BAZNAS daerah.

“Calon peserta juga diminta untuk membuat pakta integritas,” kata dia.

Dokumen-dokumen tersebut dapat diakses di laman https://www.baznasbatam.com. Atau dapat diambil langsung di Sekretariat Tim Seleksi Calon Pimpinan BAZNAS Kota Batam Periode 2020-2025 di Jalan Engku Putri nomor 1, lantai 2 Kantor Wali Kota Batam.

“Seluruh dokumen persyaratan ini dibuat dua rangkap. Satu rangkap asli, satu rangkap fotokopi. Kemudian diantar langsung ke Sekretariat Timsel,” tutur Asisten Pemerintahan dan Kesra Setdako Batam ini.

Waktu penerimaan pendaftaran yakni 26 Februari sampai 22 Maret, pukul 09.00-15.00 WIB. Pendaftaran dan seleksi tidak dipungut biaya. Dan untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi narahubung di nomor 081378787059.

Adapun tim seleksi Pimpinan Baznas Kota Batam kali ini adalah Yusfa Hendri (Ketua), Riama Manurung (Sekretaris), serta tiga orang anggota Zulkarnain, Effendi Asmawi, dan M Juni Beddul. (Mcb)

Pos terkait