Bupati NatunaAkan Terbitkan Perbub Warga Keluar Rumah Wajib Pakai Masker

Natuna-(Gebraknews)-Penyusunan Peraturan Bupati Natuna, Drs H Abdul Hamid Rizal Segera akan menerbitkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Natuna memasuki tahap final dan akan segera diberlakukan. Salah satu poin penting dalam Perbup tersebut yakni bagi warga yang kedapatan tidak memakai masker saat berada di luar rumah akan didenda sekitar Rp100.000.

Bacaan Lainnya

Diungkapkan Hamid Rizal, tujuan pemberian sanksi dalam Perbup tersebut adalah memberi efek jera bagi masyarakat sehingga penyebaran Covid-19 dapat segera dihentikan. Menurutnya, aturan itu tidak memberatkan masyarakat siring banyaknya ketersediaan masker.

“Makin patuh masyarakat, pandemi makin cepat selesai. Apalagi sekarang masker sudah sangat mudah didapat, semua masyarakat pasti memiliki,” kata Hamid Rizal usai menghadiri ramah tamah dengan Kodim 0328/Natuna di Aula kodim Natuna, Selasa (11/8/2020).

Selain aturan itu, Perbup juga mengatur larangan berkerumun, paling banyak hanya lima orang. Jika lebih dari lima orang akan dibubarkan.

“Warung/rumah makan juga diharuskan hanya melayani take away, kalau melanggar sanksinya bisa ditutup paksa,” tegas Hamid Rizal.

Lebih lanjut diungkapkan bahwa penegakan peraturan di daerah adalah Satpol PP dan Damkar. Uang denda akan langsung disetorkan ke Rekening Kas Umum Daerah (RKUD). Dalam rancangan Perbup tersebut juga dijabarkan perlindung pada masyarakat dan tenaga kesehatan. (Red)

 

Pos terkait