Bupati Resmikan Pelabuhan Teluk Baruk

Natuna (GebrakNews)-Bupati Natuna, Drs H Abdul Hamid Rizal meresmikan pemakaian pelabuhan Teluk Baruk di kecamatan Bunguran Timur Desa Sepempang, Selasa (31/12/2019

Acara peresmian dihadiri Sekda Natuna Wan Siswandi, Ketua DPRD Natuna Andes Putra, Kepala Dinas Perhubungan  Natuna Iskandar DJ, Pimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Natuna dan Pimpinan Instasi Pertikal di Kabupaten Natuna.

Bacaan Lainnya


Selain meresmikan Pelabuhan, Bupati Hamid Rizal juga  menyerahkan bantuan Lif Jeket kepada Nelayan setempat.

Hamid Rizal dalam sambutanya mengatakan, pelabuhan merupakan sarana penting bagi daerah kepulauan seperti Kabupaten Natuna. Mendukung konektivitas dan membuka keterisolasian.

“Pelabuhan ini untuk memudahkan para nelayan, juga keluarga dan saudara-saudara kita dari pulau yang mau datang ke  Ranai”kata Hmid Rizal.

Ujar  Hamid Rizal, Natuna memang membutuhkan banyak pelabuhan. Apalagi luas wilayah Natuna 90 persen lebih didominasi oleh lautan, ‘’ujar Hamid Rizal.

Hamid Rizal berharap Pelabuhan Teluk Baruk dapat dimanfaatkan secara maksimal, baik oleh masyarakat Natuna pada umumnya dan warga Sepempang khususnya.

“Dirawat dengan baik, jangan hanya bisa membangun, tapi merawat tak bisa. Sehingga konektivitas antar pulau berjalan dengan lancar” harapan Hamid Rizal.

 

Kepala Dinas Perhubungan Natuna Iskandar DJ

Iskandar DJ, Kadis Perhubungan Natuna melaporkan, pembangunan pelabuhan bersumber dari Dana Alokasi Khusus Bidang Afirmasi Transportasi tahun 2019 dari Kementerian Desa , sebesar Rp 4.371 miliar.

Adapun rinciannya meliputi pekerjaan pelabuhan, ruang tunggu, pembuatan rambu 2 unit, pintu gerbang dan area parkir.

Kedepannya, Dinas Perhubungan akan mengusulkan pengerukan alur laut. Sehingga pelabuhan dapat dimanfaatkan secara maksimal bagi nelayan dan mendukung pariwisata pulau Senoa.

Lebih lanjut Iskandar mengatakan, tidak ada pembebasan lahan pelabuhan. Merupakan milik masyarakat yang diwakafkan kepada pemerintah Kabupaten Natuna.(red)

Pos terkait