Bupati Sampaikan Pidato HUT Natuna ke 21 di Sidang Paripurna Istimewa DPRD

Bupati Natuna Hamid Rizal Menyampaikan pencapaian prestasi pembangunan kabupaten Natuna

Natuna (Gebraknews)-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Natuna, menggelar Paripurna Istimewa dengan agenda penyampaian pidato Bupati pada HUT Kabupaten Natuna ke 21 tahun  di Kantor DPRD Natuna, jalan Yos Sudarso, Kecamatan Bunguran Timur. Senin, (12/10/ 2020).

Acara dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Natuna Daeng Amhar. Dalam sambutannya, ia mengingatkan kepada hadirin agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Bacaan Lainnya

Ketua DPRD Natuna yang belum lama dilantik ini mengatakan, kedepan pemerintah dan masyarakat harus bersinergi dalam mewujudkan pembangunan di daerah perbatasan.

Mengingat pada bulan Desember mendatang Natuna akan mengikuti Pilkada serentak, ia berharap kepada seluruh masyarakat agar berpolitik dengan cara positif.

Hal ini kata Amhar, agar situasi Kemanan Ketertiban masyarakat di Kabupaten Natuna yang berada di ujung utara Indonesia, tetap aman dan kondusif.

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal dalam pidatonya menyampaikan, dalam kurun waktu 21 tahun Natuna menjadi kabupaten, sudah banyak hal pencapaian daerah.

Kendati demikian, menurut Ketua DPW Partai Anat Nasional Kepri ini, tidak boleh berpuas diri. Kedepan, lebih banyak hal harus dilakukan untuk memenuhi tanggungjawab seiring dengan tantangan semakin kompleks.

“Untuk itu, kita merumuskan RPJM sebagaimana ditetapkan dalam Perda Nomor 7 tahun 2016 dan dijabarkan dalam visi dan misi pembangunan dengan upaya mewujudkan Masyarakat Natuna yang cerdas, mandiri dalam kerangka keimanan dan budaya tempatan”, kata Hamid Rizal.

Intinya kata Hamid, tujuan tersebut hanya untuk meningkatkan kualitas masyarakat yang lebih memadai dari sebelumnya. Harapnya, semoga Natuna kedepan semakin maju.

Dielaskan Hamid Rizal, berbagai pembangunan di bidang prioritas yang telah dilaksanakan telah membuahkan hasil, hal ini dapat dilihat dari indikator pembangunan antara lain, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Natuna telah mencapai angka 73,63 dengan besaran peningkatan 0.73 persen dari tahun sebelumnya.

Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Perkapita, pada tahun 2019 PDRB atas dasar harga berlaku mencapai Rp. 81,23 juta/tahun meningkat sebesar 6,87 persen.

Kualitas Kesehatan, peningkatan dapat digambarkan dengan angka harapan hidup selama priode 2014-2019 meningkat dari 63,65 menjadi 64,81 tahun.

Kualitas Pendidikan, peningkatan terjadi disetiap tahunnya dimana pada indikator lama sekolah menibgkat pada tahun 2019 mencapai angka 8,72 di banding tahun sebelumnya sebesar 8,71.

Sedangkan harapan lain sekolah juga mengalami peningkatan dimana pada tahun 2019 mencapai angka 13,89 tahun di banding tahun 2018 sebesar 13,88.

“Hal ini menjadi modal penting dalam membangun kualitas manusia Kabupaten Natuna menjadi lebih baik lagi “, ujar Hamid.

Lanjut Hamid, berkenan dengan pencapaian pembangunan ini, Kabupaten Natuna juga telah menerima berbagai penghargaan dari Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi serta Organisasi/Lembaga di Natuna, diantaranya ;

Penghargaan dari Kementerian PAN-RB atas perdikat Akuntabelitas kinerja instansi Pemerintahan (AKIP), penghargaan dari BPK selama tiga tahun berturut-turut atas Laporan Keuangan Pemda wajar tanpa pengecualian.

Penghargaan dari Kemendagri dan Menteri Kesehatan atas Kabupaten/Kota sehat, penghargaan KemenKeu atas penyaluran dan penyerapan Dana Desa, penghargaan dari Kementerian PPPA atas kategori sebagai Kabupaten/Kota layak anak dan penghargaan dari Pemprov Kepri sebagai juara I lomba cipta menu beragam, bergizi, seimbang dan sehat.

“Inilah bentuk prestasi yang telah kita capai selama ini dan semoga kedepan prestasi-prestasi ini dapat di pertahankan dan lebih ditingkatkan lagi dan semoga apa yang telah dicapai dapat terus meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Natuna “, tutup Hamid.

Tampak hadir dalam acara tersebut antara lain, Wakil Bupati Natuna, sejumlah Anggota Dewan, Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Natuna, tokoh masyarakat.(Red)

 

Pos terkait