Bupati Suyatno Serap Aspirasi Kelompok Tani

Gebraknews.co.id, Rohil – Bupati Rokan Hilir Suyatno Amp didampingi Asinten III H. Ali Asfar dan Plt kominfotik’s Hermanto Uban, melakukan peninjauan lahan sawah milik kelompok tani wanita Bunga Bangsa yang terletak di kepenghuluan Mukti Jaya Blok B, kecamatan Rimba Melintang senin pagi. (14/9/20).

Lahan sawah yang memiliki luas 175 hekter dengan jumlah angota 650 orang tersebut mampu menghasilkan panen 8 ton padi perhekternya dengan masa tanam dua kali setahun.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Bupati Suyatno meminta petani untuk menyampaikan keluhan dan permasalahan yang menjadi kendala dalam mengelolaan sawah tersebut.

“Apa yang yang menjadi kendala dan permaalahan yang bisa kami bantu,” tanya Suyatno kepada petani.

Ada beberapa hal yang menjadi poin aspirasi yang di sampaikan petani kepada bupati, yaitu, Kurangnya ketersediaan pasokan air yang menjadi kendala bagi petani dalam memenuhi kebutuhan pertumbuhan padi
serta sulitnya mendapatkan benih padi ungul untuk di jadikan bibit.

Petani juga meminta agar pemerintah memutuskan mata rantai tengulak yang datang dari luar rohil membeli gabah dengan harga murah. petani juga menyarankan pemda untuk menampung hasil panennya dengan cara membuka pasar lokal agar hasil panennya bisa didistribusikan langsung ke masyarakat Tempatan.

Dalam hal tersebut bupati Suyatno menampung semua aspirasi petani dan berjanji akan melakukan kordinasi dengan Badan usaha Milik Daerah (BUMD), agar bisa bekerja sama untuk mengdistribusikan hasil panen petani dengan harga yang bisa lebih menguntungkan

Tak habis disitu Bupati juga mampir ke kantor koperasi Wanita Bunga Bangsa yang memiliki omset 8 miliar dengan bunga cicilan 1 hingga 2,5 persen perbulan bagi anggota yang melakukan pinjaman.

“Ayo kita berdialog di sini apa permasalahan dan kendala yang ibuk ibuk hadapi selama menjadi anggota koperasi ini,”kata Suyatno lagi.

Dalam dialog tersebut anggota koperasi menyampaikan kendala seperti sulitnya mendapatkan sertifikat Halal dan izin usaha  bagi anggota yang memiliki usaha UMKM

Mendengar keluhan tersebut Bupati langsung menghubungi pihak terkait melalui telpon selulernya untuk merespon dan megevaluasi permasalahan yang dihadapi para anggota koperasi itu.

“Kami dari kelompok tani dan koperasi mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas kehadiran bapak bupati atas kehadirannya. Mudah mudahan ini menjadi spirit bagi kami untuk mengembangkan kelompok dan koperasi ini agar lebih maju lagi,” ucap Fatonah ketua Kelompok Tani tersebut.
(Cahyani)

Pos terkait