Delapan Fraksi Tanggapi R-APBD Labuhanbatu 2022, Bupati Beri Jawaban

Gebraknews.co.id, Labuhanbatu Р8(delapan) fraksi di DPRD Labuhanbaru, Sumatera Utara, tanggapi Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (R-APBD) tahun anggaran 2022,  Bupati dr H Erik Adtrada Ritonga MKM melalui Wakil Bupati (Wabup) Hj Ellya Rosa Siregar SPd MM memberikan jawaban, didepan rapat paripurna wakil rakyat setempat, Selasa (16/11/2021).

Rapat paripurna wakil rakyat daerah Labuhanbatu, yang berlangsung sebelumnya, mendengarkan tanggapan dari delapan fraksi yang disampaikan melalui masing-masing jurubicaranya.

Diantara tanggapan yang dijawab wakil bupati tersebut, yaitu berasal dari Fraksi Partai Golkar dan PDI Perjuangan. Sebelum memberikan tanggapannya, Ellya Rosa mengucapkan terima kasih kepada 8 fraksi di DPRD Labuhanbatu, yang telah memberikan dukungan terhadap penyelesaian Ranperda APBD tahun anggaran 2022, melalui pendapat dan sarannya.

Menyikapi tanggapan Fraksi Partai Golkar, Wakil Bupati mengatakan, dalam rangka optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang di targetkan pada Ranperda APBD tahun anggaran 2022, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu melakukan berbagai kebijakan, dalam memenuhi target dimaksud.

Antara lain kata Wakil Bupati, melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi atas kegiatan pemungutan, yang merupakan suatu rangkaian kegiatan. Mulai dari penghimpunan data objek dan subjek pajak, penentuan besaran pajak terutang, sampai kegiatan penagihan pajak kepada wajib pajak. Serta pengawasan penyetorannya dengan berbasis teknologi. Demikian juga halnya dengan retribusi daerah.

Mengenai pembinaan dan sanksi terhadap petugas yang lalai melaksanakan tugas terkait dengan realisasi pendapatan asli daerah, kata Wakil Bupati dapat dijelaskan, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu akan melakukan reposisi dan menetapkan tuntutan perbendaharaan dan rugi bagi petugas yang bersangkutan.

Terkait dengan penertiban beberapa Pajak dan Retribusi Daerah, Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu akan melakukan berbagai langkah-langkah, seperti perbaikan sistem dan prosedur pengelolaan pajak dan retribusi Daerah.

Kemudian lanjut wakil bupati, menjawab tanggapan Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), mengenai prioritas rencana kerja Pembangunan Daerah pada Ranperda tentang APBD Kabupaten Labuhanbatu tahun anggaran 2022 yaitu, pembangunan infrastruktur dialokasikan sebesar 9,23 persen, pendidikan keterampilan sebesar 26,12 persen.

Demikian beberapa jawaban bupati seperti disampaikan Wakil Bupati hj Ellya Rosa Siregar, menanggapi tanggapan 8 praksi di DPRD Kabupaten Labuhanbatu.

Rapat paripurna DPRD Labuhanbatu ini, dilanjutkan dengan menyampaikan  jawaban dari 6 fraksi lainnya. Rapat paripurna dewan ini,  ditunda sampai 29 November 2021 mendatang. (Yasmir)

Pos terkait