Diresmikanya SMK-01 Bunguran Timut Laut, Gubernur Berharap Akan Lahir Generasi Siap Kerja

Natuna (Gebraknews)-Gubernur Kepulauan Riau (Kepri) Ansar Ahmad meresmikan proyek pembangunan SMKN-01 Unit Sekolah Baru kecamatan Bunguran Timur Laut  Desa Tanjung Kabupaten Natuna, Selasa (6/7/2021)

Dalam sambutannya Gubernur berharap dari SMKN 1 ini nantinya akan lahir generasi yang siap kerja dan memiliki daya saing tinggi dalam menghadapi globalisasi.

Bacaan Lainnya

“SMK dibangun untuk menciptakan generasi yang siap kerja. Oleh sebab itu haruslah link and match dengan potensi yang dimiliki daerah,” ujar Ansar.

Diakui Ansar, SMK di Kepri cukup banyak. Maka langkah selanjutnya adalah bagaimana memenuhi sarana dan prasarana belajar-mengajarnya. Karena untuk menjadi yang siap pakai, lulusan SMK harus memiliki vakasi yang dibutuhkan di dunia kerja.

“Hari ini, sekolah ini kita opname. Kita deteksi apa aja yang dibutuhkan,” kata Ansar.

Ansar, menegaskan bahwa tugas Pemerintah adalah menyediakan sarana dan prasarana pendidikan. Sedangkan tugas guru melakukan pembelajaran, melakukan transfer knowledge atau change behavior.

“Guru juga harus punya empat kompetensi wajib, yakni pedagogik, sosial, profesional dan kepribadian. Ilmu dan kepribadian guru harus bisa digugu dan ditiru,” ujar  Ansar.

Sementara itu Bupati Natuna Wan Siswandi  mengatakan bahwa fokus kerja pemerintan adalah masalah kesehatan dan pendidikan. Adapun kunjungan Gubernur Ansar pada kesempatan ini dalam rangka fokus untuk kedua hal tersebut.

“Kita tahu sesuai amanah undang-undang untuk pendidikan SLTA berada dibawah Provinsi. Namun karena SMK ini dibangun di Natuna, maka kita ikut andil dengan hibah tanah 2 hektar. Dulu sekolah ini di Ceruk, terpencil. Kemudian kita sama-sama pindahkan kesini,” kata Wan Siswandi.

Wan Siswandi berterimakasih keada Pemerintah Provinsi Kepri yang sudah sangat konsen dalam mewujudkan pembamgunan di dunia pendidikan sejauh ini.

Kepala Sekolah SMKN 1 Bunguran Timur Barat, Natuna, Mulianda berterimakasih kepada Gubernur atas dibangunnya 3 unit USB serta gedung majlis guru, ruang labor, komputer dan lainnya dengan nilai total sekitar Rp 6 miliar.

“Sekolah kami ini sebelummya di hutan pak, daerah Ceruk. Lalu Bupati memberi hibah tanah 2 hektar dan pak Gubernur membangunnya. Alhamdulillah sekarang kami bisa pindah disini,” kata Mulianda.

Melianda juga menyampaikan kepada Gubenur Kepri SMKN 1 membutuhkan sejumlah alat-alat untuk praktek unit produksi serta mushalla. Dan agar anak-anak yang dari pulau juga bisa belajar disini, pihak sekolah meminta agar ada asrama untuk anak-anak.

“Masalah transportasi pun kami alami pak. Banyak anak-anak yang tidak bisa ikut praktek karena keterbatasan sarana transportasi. Kami berharap semua sarana yang kami butuhkan dan kami minta dikabulkan oleh Bapak Gubernur dan Bapak Bupati yang hari ini hadir disini,” harap Malianda. Gubenur Kepri juga didampingi unsur Frokompimda Kepri dan  Frokompimda Kabupaten Natuna.  (Red)

 

 

Pos terkait