0
23 shares

Gebraknews.co.id, Bitung – Kondisi Wilayah Pantai Pamburutan yang terletak di Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Lembeh Selatan, Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara saat ini telah berbeda dari biasanya.

Berkat inisiatif dan tangan dingin Iptu Rudolf J Lumandung, SH. Kapolsek Lembeh Selatan, tempat yang dulunya kerap digunakan oleh para remaja untuk berbuat maksiat dan mabuk-mabukan, kini telah berubah menjadi taman bacaan yang ramai dikunjungi untuk menambah wawasan oleh masyarakat dari berbagai usia.

Menurut Rudolf, hal ini dilakukannya demi memperbaiki moral remaja, dan menekan angka kriminalitas di wilayah hukumnya.

“Tujuan saya membuat taman baca ini adalah untuk memperbaiki moral remaja yang kerap menyalahgunakan tempat ini untuk mabuk-mabukan dan perbuatan lainnya. Sejak dibuatnya taman bacaan ini, orang-orang yang mulanya mabuk-mabukan sekarang menjadi segan karena banyak anak-anak yang membaca buku di tempat ini, selain itu juga dengan adanya taman bacaan, anak-anak bisa bertambah wawasannya berkat membaca buku,” kata Rudolf kepada Gebraknews melalui sambungan telepon, Sabtu, (15/12/208).

Taman bacaan ini mulanya dibangun Rudolf Lumandung sejak akhir 2017 lalu secara swadaya, menggunakan kayu-kayu bekas dan buku bekas dari dia dan para anggotanya, namun lama-kelamaan masyarakat juga ikut andil untuk mengisi buku bacaan di tempat ini. Hingga saat ini, meski masih di tempat yang sederhana, taman bacaan yang di inisiasi Rudolf sudah miliki banyak buku berbagai Genre untuk semua kalangan pembaca, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

“Untuk saat ini, sudah tersedia banyak buku di taman bacaan, pembaca pun setiap hari cukup banyak mengunjunginya, seakan sudah menjadi destinasi wisata baru buat masyarakat,” papar Rudolf.

Di samping suksesnya menekan kenakalan remaja dengan membangun taman bacaan ini, Rudolf Lumandung juga berharap agar kedepannya taman bacaan tersebut bisa semakin besar dan menjadi gudang ilmu bagi masyarakat. Disampingnya itu, Rudolf juga berharap agar akses internet di tempat ini menjadi perhatian karena sejauh ini akses internet sangat sulit.
” Yang menjadi harapan kita sekarang adalah akses internet yang lancar, karna sejauh ini akses internet di pantai pamburutan sangat sulit. Maklum saja disini pulau yang bisa terbilang masih terisolir, semoga bisa menjadi perhatian dari pihak terkait.

Iptu Rudolf Lumandung dinilai telah turut membantu anak-anak khususnya di Kecamatan Lembeh Selatan untuk mendapatkan akses Informasi melalui buku di perpustakaan yang dibuatnya, selain secara tidak langsung turut menekan angka kenakalan remaja dan penyakit masyarakat di tempat itu. Hal tersebut membuat Kornas TRC PA Naumi Lania ikut memberikan apresiasi.

“Saya sangat terharu dan bangga dengan gebrakan yang dibuat oleh Polsek Lembeh Selatan,” kata Naumi.

Naumi berharap hal ini bisa menjadi contoh untuk Polsek-polsek lainnya untuk mendirikan taman bacaan bagi anak-anak.

“Saya juga berharap hendaknya taman baca ini ada di seluruh Polsek di Negri ini, dan kami pun akan segera mengerjakan konsep ini juga dengan memilih pulau-pulau yang ada di pelosok.
Bravo untuk Polsek Lembeh Selatan” tutup Naumi.

Penulis: Ifan


Like it? Share with your friends!

0
23 shares

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format