Jembatan Sei Barumun di Sei Rakyat Rusak Parah, Nasrian Yunus: Diperbaiki Sejumlah Perusahaan

Gebraknewd.co.id, Labuhanbatu – Jembatan Sei Barumun, di Desa Sungai Rakyat, Kecamatan Panai Tengah, Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, seyogianya merupakan sarana utama penghubung transportasi darat, antara Rantauprapat sebagai ibukota kabupaten, dengan sejumlah desa di wilayah Panai Tengah, Panai Hulu dan Panai Hilir yang berada di kawasan pesisir pantai timur Pulau Sumatera.

Namun sayangnya, sejak beberapa bulan terakhir kondisinya sangat memprihatinkan, dalam keadaan rusak berat. Lobang-lobang terlihat menganga di lantai jembatan yang terbuat dari kayu itu. Kondisi itu menyulitkan warga melintas di jembatan terpanjang di Sumatera Utara ini. Baik itu ketika masyarakat mengangkut hasil produksi pertanian, perkebunan dan  perikanan maupun hanya sekedar melintas ditempat ini.

Masyarakat asal daerah tersebut, berulangkali menyampaikan harapan, agar  Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu mengusulkan ke Pemerintah Provinsi Sumaters Utara, untuk melakukan perbaikan jembatan tersebut.

Seakan-akan harapan masyarakat itu, terabaikan. Sehingga, kondisi jembatan yang memiliki panjang 262 meter itu, semakin sulit untuk dilintasi, khususnys bagi kendaraan bermotor roda empat dan enam.

Berbagai upaya pun dilakukan masyarakat. Termasuk diantaranya memviralkan kondisi jembatan tersebut, melalui mediasosial.

Namun akhirnya, jeritan masyarakat terdengar juga oleh Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimca) Panai Tengah. Rapat koordinasi unsur Forkopimcam Panai Tengah, bersama kepala-kepala desa dan beberapa pimpinan perusahaan pun digelar, Sabtu (30/10/2021).

Poin penting dari rapat koordinasi tersebut, bersepakat untuk bersama saling membahu melakukan perbaikan jembatan Sei Barumun itu, yang kondisinya sudah cukup memprihatinkan. Mereka menyepakati, perbaikan jembatan dimulai Minggu (31/10/2021) kemarin.

Menyikapi hal ini, salah seorang tokoh masyarakat Labuhanbilik, Kecamatan Panai Tengah, H Nasrian Yunus mengapresiasi rapat koordinasi yang dilakukan ini. “Sebagai warga masyarakat, saya mengapresiasi rapat koordinasi ini”, ucap Nasrian yang mantan anggota DPRD Labuhanbatu dari Partai Golkar itu, kepada gebrsknews.co.id, Senin (1/11/2021).

Dikatakannya, kami sebagai warga yang bertempat tinggal ditiga kecamatan yang berada di wilayah pesisir pantai timur Sumatera, sudah lama merasakan sulitnya melintas di jembatan Sei Barumun ini. “Semoga dengan adanya perbaikan yang dilakukan pihak perusahaan ini, membuka perhatian wakil rakyat dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk memprogramkan perbaikan jembatan yang lebih baik kedepannya”, pungkas Nasrian Yunus. (Yasmir)

Pos terkait