K-9 Anjing pelacak Polda Gorontalo, Deteksi Ganja di Parkiran Motor

Gebraknews.co.id, Gorontalo – Dalam upaya memberantas peredaran Narkotika di wilayah Gorontalo, Pihak Polda Gorontalo turut melibatkan kawanan Anjing pelacak yang masuk dalam tim satwa K9. Para anjing pun berhasil mengendus satu paket Ganja di halaman parkir Polda Gorontalo, Senin (22/7).

Terlihat, para anjing dengan teliti melacak satu persatu kendaraan untuk mencari babuk ganja yang sebelumnya di sembunyikan di salah satu motor yang terparkir di halaman polda.
Tak lama kemudian, salah satu anjing menemukan narkoba jenis ganja tersebut, dan menyerahkan kepada pelatih.

Muat Lebih

Dalam latihan itu, Kanit Satwa Direktorat Samapta Polda Gorontalo, Brigadir Nengah Bawah menyampaikan bahwa unit K-9 adalah agen penegakan hukum menggunakan tim pengendali anjing terlatih (unit anjing).
Untuk melakukan tugas penyelidikan dan keamanan, tak jarang petugas kepolisian dibantu anjing pelacak dalam mengungkap kasus kriminalitas.
” Tak sembarang anjing dipilih untuk menjadi unit K-9. Perlu proses seleksi dan latihan khusus untuk membentuk kemampuan anjing tersebut,” kata Nengah.

Menurut Brigadir Nengah, Mereka berfungsi untuk berbagai alasan, seperti melakukan pencarian, melacak tersangka, hingga mendeteksi obat atau bahan peledak yang tersembunyi. Bahkan juga digunakan untuk melindungi pengawas dan petugas dalam melakukan patroli.
Para anjing ini pun, di fungsikan dalam tiga tugas yakni pelacakan narkoba (Pilko), pelacakan kriminal umum (Beauty), dan pengendalian masa Frangki (dalmas).
“Maka Kami harus melatihnya setiap hari agar kemampuannya tak menurun. Karena tugasnya yang beranekaragam, latihan yang diberikan untuk para anjing pelacak pun tak sama,” jelasnya.

Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono Sik, mengatakan bahwa latihan terhadap anjing pelacak ini terus di laksanakan oleh pihak polda. Demi meningkatkan Kualitas pelacakan dan untuk terus mempertahankan kemampuan anjing ini dalam membantu tugas kepolisian.
” Maka saya rasa ini bisa memudahkan pihak kepolisian dalam menangani kasus narkoba. Apalagi, dengan anjing yang terlatih, kasus – kasus narkoba bisa segera teratasi,” pungkas Wahyu. RA

Pos terkait