Kang Emil: Pelabuhan Patimban Salah Satu Tercanggih di Dunia

gebraknews, Subang – Pemerintah sedang membangun Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, setelah proyek ini jadi bakal jadi salah satu pelabuhan tercanggih di dunia.

“Kalau (Pelabuhan Patimban) sudah jadi, saya bayangkan ini jadi salah satu yang tercanggih di dunia, jadi kebanggaan Subang dan Indonesia,” kata dia dalam kunjungan kerja ke kawasan proyek Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Rabu (9/1).

Bahkan menurutnya, Pelabuhan Patimban bakal membuat kawasan di sekitarnya lebih futuristik, didukung pula oleh adanya Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.

“Maka Pelabuhan Patimban seperti itu diputuskan, didukung. Nanti jadi kawasan paling canggih, paling futuristik nanti di kawasan ini, bukan di Bandung. Dengan hadirnya Bandara Kertajati, Pelabuhan, ini segitiga emas,” jelasnya.

Ekonomi di kawasan Pelabuhan Patimban pun diyakini akan mendorong pertumbuhan ekonomi setempat.

“Nanti saya akan pancing segala rupa kumpul di sini. Apa yang terjadi, anak cucu kita akan tinggal di tempat yang baik. Pelabuhan ada ribuan orang pekerja, restoran nanti ramai, bisnis penginapan, butuh rekreasi. Nanti daerah ini berkembang,” tambahnya.

Bersama Ridwan Kamil, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun mengecek progres pembangunan proyek tersebut pada hari ini.

“Hari ini kita bisa hadir site visit proyek yang membanggakan yang dikatakan gubernur (Ridwan Kamil) sebagai pelabuhan tercanggih,” tambahnya.

detikFinance berkesempatan mengikuti kegiatan yang dilaksanakan Rabu (9/1) itu, di mana kunjungan pertama berlokasi di Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat. Rombongan berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta menggunakan helikopter. Perjalanan kurang lebih selama 30 menit, dan tiba di lokasi pukul 8.35 WIB.

Tujuan Budi Karya bersama Ridwan Kamil ke Pelabuhan Patimban untuk meninjau pembangunan salah satu bagian dari proyek strategis nasional (PSN) itu.

Pembangunan Pelabuhan Patimban dilaksanakan dalam 3 tahap, yang mana ditargetkan rampung secara keseluruhan pada tahun 2027.

Proyek ini menelan nilai kontrak Paket 1 sebesar Rp 6 triliun. Sedangkan total rencana biaya Paket 1 yang terdiri dari 3 Paket Konstruksi dan 1 Paket Supervisi hampir mencapai Rp 9 triliun.

Setelah itu, rencananya rombongan akan bertolak ke Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat. Bandara yang juga bagian dari PSN ini diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 24 Mei 2018.

PT BIJB tengah menyiapkan pembangunan asrama haji di kawasan aerocity Bandara Kertajati. Rencana itu, telah mendapat respons positif dari Kementerian Agama (Kemenag).

Salah satu rencana pembangunan yang dilakukan adalah membangun asrama haji untuk menunjang pemberangkatan haji di Bandara Kertajati. (GN/detik)

Pos terkait