Kapolres Natuna AKBP Ike Krisnadian Ikut Apel Pemutahiran Pilkada Serentak

NATUNA.(Gebraknews).Kapolres Natuna AKBP Ike Krisnadian, S.I.K., M.S.I., ikuti kegiatan Apel Kesiapan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Untuk Coklit Serantak oleh komisioner Komisi Pemilihan Umum KPU Propinsi Kepulauan Riau (Kepri) Arison.S.P.T, di Aula Kantor Camat Bunguran Timur Kab. Natuna Sabtu(18/07/20)

Arison S.PT, dalam sambutanya mengatakan, pilkada serentak di Provinsi Kepri termasuk KabupatenNatuna menjadi bagian dari 270 daerah di Indonesia yg akan melakukan pemilihan serantak pada Tahun 2020. Pemilihan lanjutan ini berdasarkan PERPU No. 2 th 2020 yg sebelumnya ditunda,  sebagai respon KPU untuk membantu pemerintah mencegah dan mengurangi penyebaran pandemi cobid-19.

Bacaan Lainnya

” Kegiatan Apel Kesiapan PPDP ini berlangsung di seluruh Indonesia di 270 Daerah dan seharusnya kita akan melakukan dg sisitem zoom meeting namun dikarenakan cuaca yg kurang baik kita laksanakan seperti ini”. Ujar Arison

Menurut Arison, Terselenggara nya Pemilihan yakni dimana Masyarakat warga indonesia yg memiliki hak pilih dapat melakukan pemilihan tanpa ada diskriminasi dari pihak manapun dan terdata sebagai pemilih.

Tahapan pemutakhiran data pemilih sangat menentukan jumlah pemilih dan jumlah TPS, di Kabupaten Natuna direncanakan  sebanyak 170 TPS namun dapat berubah jumlahnya disesuikan dengan hasil coklit nantinya.

Jumlah DPT Kabupaten Natuna pada pemilu sebelumnya 52.597 pemilih dan pada saat ini jumlah pemilih pada A. KWK berjumlah 55.307 dan terjadi peningkatan 2700 pemilih.

Pemutakhiran data pemilih juga mempengaruhi di pendistribusian logistik dan juga partisipasi pemilih yakni dg PPDP melakukan himbauan dan ajakan kepada Masyarakat untuk datang ke TPS menggunakan hak pilihnya.

Pada acara yang juga dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Natuna Andes Putra, S.IP, serta seluruh Komisioner KPU Kabupaten Natuna . Arison, juga mengatakan, bahwa parpol juga memiliki peran strategis untuk menghimbau serta mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan nanti .  Pemda juga berperan aktif dlam mendukung jlnnya pemilu yakni menenpatkan PNS atau PPT sebagai penyelenggara Pemilu.

” Saat ini para Penyelenggara Pemilu juga melakukan upaya pencegahan Covid-19 dengan telah melakukan uji Rapid test dengan hasil non reakti dan menggunakan APD pada pelaksanaan kegiatan pemilu nanti”.jelas Arison

Arison, menyampaikan ada beberapa poin penekanan dari KPU RI terhadap para PDPD yakni :

  1. PPS dan PPK agar memastikam PPDP menulis di from A. KWK setiap ditemukan perubahan pemilih di lapangan.
  2. Pastikan from A. KWK setelah selesai pelaksanaan coklit agar diserahkan ke PPS dan PPK selanjutnya ke KPU.
  3. Menjaga Netralitas dg tdk membedakan sosialitas kalangan pemilih.
  4. Jadikan jajaran Bawaslu sbg minta strategis guna menjaga aturan dalam pelaksanaan tugas.
  5. Niatkan pekerjaan PPDP sebagai amal ibadah sbg amal dan bakti utk Negara dan Pemerintah Kab. Natuna.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris KPU Provinsi Kepri . Luki Zaiman Prawira, Ka Bakesbang Polda Kab. Natuna  Mukhtar Achmad, Anggota Komisioner KPU Natuna . Soimin ST,  Musalib, S. Sos. I dan  Risno), Anggota Komisioner Bawaslu Natuna  Lindawati, SH, Camat Bunguran Timur  H. Wan Suhardi, Ketua PPK Bunguran Timur . Herman beserta anggota, Perwakilan PDPD 20 org.(Hum/Red).

 

 

 

 

Pos terkait