Ketua DPRD Natuna Berharap Dibangun PLBN Bisa meningkatkan Ekonomi Masyarakat

Natuna (Gebraknews)Wacana pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Kecamatan Serasan dinilai dapat mendongkrak kemajuan daerah bahkan nasional.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPRD Natuna Andes Putra, saat menyampaikan sambutannya pada kegiatan sidang reses tahap I Tahun Anggaran 2020, di Aula Kantor Desa Tanjung Setelung, Kecamatan Serasan. Sabtu, (29/08/2020) .

Bacaan Lainnya

Menurut Andes, adanya pembangunan di wilayah perbatasan akan dibangun sentra-sentra kemasyarakatan. Sentra ekonomi yang Andes maksud seperti pasar dan pusat kerajinan yang berdampak pada peningkatan ekonomi baru suatu daerah.

Selain itu, dimana anggaran pembangunan 190 miliyar bersumber dari APBN tersebut, setidaknya juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat melalui kebutuhan akan ratusan tenaga kerja.

“Dengan adanya PLBN di Kecamatan Serasan ini sangat berdampak positif bagi masyarakat, daerah, bahkan Nasional”, ujarnya.

Lanjut Andes, sebelumnya dirinya juga telah melakukan koordinasi dengan pihak Kemenkopolhukam untuk merekrut 70 persen pekerja asal putra daerah setempat, sebagai upaya menunjang perekonomian masyarakat.

Meski demikian, Andes tetap menyadari akan kebutuhan SDM bagi para pekerja di PLBN nanti.

“Kita kalau bisa jangan menjadi penonton di negeri sndiri, hari ini kita banyak jadi penonton. Walaupun keterbatasan SDM, kan bisa disesuaikan dengan letak posisi jabatannya nanti”, pungkas Andes.

Diketahui wacana pembangunan PLBN berdasarkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan 11 PLBN Terpadu dan Sarana Prasarana Penunjang di Kawasan Perbatasan.

Rencana 11 titik wacana pembangunan PLBN tersebut salah satunya terdapat di Kecamatan Serasan, Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau.

 

Pos terkait