KKP Natuna Tingkatkan Penyelamatan SAR,Lakukan Latsarda di Anambas

Anambas _ (Gebraknews)_Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna,  Selasa, 27 Juli hingga 29 Juli 2021 menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pencarian dan Pertolongan (SAR) Daerah dan Latihan SAR Daerah (Latsarda) tahun 2021 di Anambas.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Basarnas Natuna, Mexianus Bekabel, S.Sos, MM kepada media ini di sela peninjauan persiapan lokasi pelaksanaan acara Latsarda 2021 Anambas di Balai Pertemuan Masyarakat Siantan, Terempa, Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau, Senin (26/07) pagi menyampaikan bahwa rencana rapat koordinasi dan pelatihan SAR akan dibuka oleh Wakil Bupati Anambas, Wan Zuhendra, dan dihadiri oleh utusan TNI-Polri, Pemerintah Daerah, Basarnas, serta para relawan gabungan instansi terkait.

Bacaan Lainnya

“rapat koordinasi pimpinan daerah dan latihan SAR daerah ini terkait dengan kegiatan bagaimana koordinasi komunikasi kami dengan instansi vertical, OPD pemerintah daerah serta masyarakat terkait lainnya terhadap penanganan kecelakaan kapal di laut,” ujar Mexi.

Lebih lanjut Mexi mengungkapkan bahwa selama ini masih banyak instansi yang belum mengetahui terkait peran dan tugas bersama dalam menagani suatu musibah yang terjadi baik di laut maupun di darat.

“terkadang kita bertanya ini tugasnya siapa?. Akhirnya kita kasih tau alur komunikasinya. Kita komunikasikan sama nelayan, Bakamla, Porlair, DKP atau Sahbandar, hingga pergerakan ke alur titik lokasinya kita akan menggunakan apa. Yang mana juga terkait informasi cuaca kita harus komunikasi dengan BMKG hingga mendapatkan situasi cuaca yang akurat. Apalagi kita masih dalam suasana pandemi covid-19 saat ini dalam dan harus melakukan pertolongan dengan protokol kesehatan, maka perlu diadakan koordinasi bersama,” ujarnya.

Lebih lanjut Mexi juga menjelaskan bahwa pelatihan kegiatan simulasi terkait tatacara penanganan SAR akan dilaksanakan pada hari Kamis, 29 Juli 2021 setelah sebelumnya mendapatkan pelatihan pematerian Latihan SAR Daerah (Latsarda) yang akan dilaksanakan di Gedung BPMS Anambas dengan penerapan protokol kesehatan.

“Kamis, (29/07) pelaksanaa ril kegiatan pergerakan alur, selain sireder Basarnas dan KN. SAR Sasikirana, kita juga mendapat dukungan alut dari Pangkalan TNI AL (Lanal) Terempa, yang mana nantinya Komandan Lanal Terempa Letkol. Yovan. AY juga akan menggerakan KAL-nya untuk berkolaborasi dengan kita pada pelaksanaan simulasi dalam kegiatan Latsarda yang mana nantinya titik koordinat kegiatan dilaksanakan sekitar 2 mil dari perairan Pos SAR Antang, Anambas. Selain itu Polairud Anambas juga ikut berkolaborasi dengan Seareder yang mereka miliki. Sementara untuk kegiatan simulasi di laut tersebut sudah mendapat izin dari Tim Gugus Tugas Covid-19. Karena kegiatan simulasi ini tidak bisa kita laksanakan secara zoom miting, harus ril, tentu harus kita lakukan sesuai dengan protokol kesehatan,” jelasnya.

Lanjutnya, pelaksanaan simulasi Latsarda menghadirkan peserta sebanyak 30 orang yang mana berasal dari TNI Polri, Pemerintah Daerah, organisasi penyelam Anambas serta Basarnas senderi.

“Kalau masyarakat belum, masyarakat itu ada yang namanya pelatihan potensi, mudah-mudahan tahun depan dan kita juga berdo’a pandemi covid-19 ini cepat berlalu dan kita akan adakan pelatihannya di Anambas, karena Anambas sebagai ujung tombak Kantor SAR Natuna,” cetusnya.

Kegiatan Latihan SAR Daerah oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna berlangsung selama tiga hari terhitung sejak Selasa, 27 Juli hingga hari Kamis 29 Juli 2021 dengan estimasi dua hari kegiatan yang dimulai dengan pelaksanaan pembukaan acara, pembekalan materi kepada peserta Latsarda serta satu hari pelaksanaan kegiatan simulasi aplikasi sekaligus penutupan.(red)

Pos terkait