Koalisi Bela Petani Bersatu Gelar Aksi di Mapolres Labuhanbatu

Gebraknews.co.id, Labuhanbatu – Tak kurang dari 300 massa Kelompok Tani Bersatu Desa Meranti dan GMNI yang tergabung dalam Koalisi Bela Petani Bersatu (KBPB) menggelar aksi dan berorasi di depan Mapolres Labuhanbatu, Rabu (5/8/2020), sekira pukul 10.00 WIB.

Dalam aksinya massa mengajukan beberapa tuntutan, antara lain:

Bacaan Lainnya

1. Mendesak Kapolres Labuhanbatu agar menghentikan proses hukum dan membebaskan Nanda Perwira Gautama.

2. Mendesak Bupati Labuhanbatu agar bertanggung jawab penuh pada penyelesaian konflik agraria yang terjadi antara PT Tolan Tiga dengan KBPB.

3. Meminta jaminan hak atas tanah bagi Kelompok Tani Bersatu Desa Meranti.

4. Menindak tegas Perusahaan Perkebunan yang menguasai lahan diluar batas HGU yang telah ditetapkan.

Pimpinan aksi, Solihin Anwar Muda Ritonga, dalam orasinya meminta agar Kapolres Labuhanbatu dapat segera membebaskan Nanda Perwira Gautama dari segala tuntutan hukum.

Setelah berorasi secara bergantian, akhirnya Kapolres Labuhanbatu, AKBP Agus Darojat, S.I.K, MH menemui massa aksi dan mengajak massa masuk ke halaman Mapolres Labuhanbatu.

Dalam arahannya, Kapolres Labuhanbatu menyampaikan kepada massa agar setiap permasalahan yang ada saat ini diserahkan sepenuhnya kepada pihak terkait, antara Perusahaan Perkebunan dengan Kelompok Tani, tanpa melakukan tindakan yang dapat merugikan kedua belah pihak.

Kapolres Labuhanbatu juga menegaskan bahwa pihak Kepolisian akan tetap menjaga agar situasi tetap kondusif.

Sementara itu, saat ditemui oleh awak media, pimpinan massa aksi mengatakan bahwa hari ini juga aksi akan berlanjut ke Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan.

“Siang ini juga sekira pukul 14.00 WIB, kita akan aksi dan orasi lagi di Kantor Bupati Labusel”, ujar Solihin Anwar Muda Ritonga mengakhiri keterangannya. (Zuhairi Basyar)

Pos terkait