Korem 091/ASN Gelar Ziarah di TMP Kesuma Bangsa Dalam Rangka Peristiwa Heroik HJK

Gebraknews.co.id, Samarinda -Hari Juang Kartika (HJK) terlahir dari peristiwa heroik para pendahulu TNI AD bersama-sama rakyat bertempur mempertahankan wilayah Ambarawa pada 15 Desember 1945. Peristiwa inilah yang akhirnya dijadikan momentum HUT TNI AD.

Guna menyambut Hari Juang TNI Angkatan Darat (AD) 2019, Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) menggelar kegiatan ziarah di Taman makam Pahlawan (TMP) Kesuma Bangsa Samarinda, Sabtu (14/12/2019).

Bacaan Lainnya

Sedangkan tema peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat (AD) 2019, “ TNI AD Adalah Kita”,

Kegiatan tersebut diawali dengan penghormatan umum kepada para pahlawan Kusuma Bangsa dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di tugu makam para pahlawan oleh pimpinan ziarah rombongan.

Dalam kesempatan tersebut, bertindak selaku Pimpinan Rombongan Ziarah Kepala Staf Korem (Kasrem) 091/ASN Ruslan Effendi, Setelah acara pokok ziarah selesai dilanjutkan dengan kegiatan tabur bunga yang dilakukan secara simbolis oleh Kasrem 091/ASN diikuti oleh peserta ziarah lainnya.

“Kegiatan ini dalam peringatan Hari Juang TNI Angkatan Darat (AD) 2019 dan juga guna mengenang dan menghormati jasa para Pahlawan yang telah gugur sebagai Kesuma Bangsa demi membela bangsa dan negara serta rela berkorban jiwa dan raga tanpa pamrih demi NKRI,” ujar Kasrem Kolonel Inf Ruslan Effendi.

Kegiatan ziarah ini memiliki tujuan untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa para Pahlawan yang telah gugur dalam perjuangan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sudah sepatutnya kita sebagai generasi penerus memberikan penghormatan yang layak untuk para pahlawan yang telah mendahului kita. “Terangnya.

Lanjut Kasrem, kita sebagai generasi penerus bangsa yang saat ini tinggal meneruskan perjuangan mereka untuk mengisi kemerdekaan. Abdikan pikiran dan tenaga kita untuk kemajuan bangsa Indonesia sesuai dengan tugas dan kewajiban masing-masing. Jangan sia-siakan pengorbanan para Pahlawan yang telah berjuang tanpa pamrih demi kemerdekaan bangsa ini”, tegasnya.

Selesai upacara dilanjutkan pemberian Tali Asih kepada penjaga Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa oleh Dandim 0901/ Samarinda Kolonel Inf Tommi Kaloko

Sedangkan kegiatan puncak, akan digelar bakti sosial berupa sunatan massal kepada 500 anak kurang mampu, dilanjut dengan donor darah, bazar murah, hiburan rakyat, jalan sehat dan gowes, di gelar di Halaman Kantor Bupati Kukar, serta dihadiri Pangdam VI Mulawarman.

Hadir dalam rombongan tersebut Para Kasi Korem 091/ASN, Komandan Satuan, Para Kabalak Korem 091/ASN, Wakil Ketua Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koorcab Korem 091 PD VI/Mulawarman beserta pengurus, Perwira, Bintara, Tamtama, Polresta Samarinda dan PNS.

(Red)

Pos terkait