KPU Natuna Tetapkan Dua Paslon Bupati dan Wakil Bupati, Wan Siwandi- Rodial Huda Nomor Urut 2, Mustamid –Deri Nomor urut 1

Natuna (Gebraknews)-Komisi Pemilihan Umum (KPU)  Kabupaten Natuna mengumumkan penetapan dua pasangan calon sebagai kontestan Pilkada 2020 antara lain Mustamin Bakri dan  Deri Purnama Sari yang diusung Partai Golkar dan PAN, serta  Wan Siswandi dan Rodial Huda  yang diusung, PDIP, Demokrat, PPP, Perindo Nasdem, Gerindra dan Hanura. KPU Natuna menilai kedua paslon memenuhi syarat setelah verifikasi administrasi.

“Kedua paslon memenuhi syarat setelah dilakukan verifikasi administrasi dan kesehatan,” ujar Ketua KPU Natuna, Junaidi, Kamis di Sentra Hotel jalan Pramuka, Kamis (24/9/2020)

Bacaan Lainnya

Junaidi menuturkan, penetapan pasangan calon tersebut berdasarkan Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2020. KPU Natuna kemudian membuat surat keputusan tentang tahapan pencalonan termasuk di dalamnya penetapan tahapan penelitian administrasi paslon dan tahapan penetapan paslon serta pengundian nomor urut paslon.

Junaidi  mengatakan, peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2020 pasal 68 menyatakan KPU kabupaten/kota melakukan rapat pleno berdasarkan penelitian syarat pencalonan yang dilakukan verifikasi administrasi.

“Berdasarkan hasil pleno verifikasi administrasi yang kami lakukan terhadap dua bakal paslon dinyatakan memenuhi syarat,” kata Junaidi.

Menurut dia, KPU juga telah melakukan penelitian administrasi, termasuk salah satunya adalah surat keterangan dari rumah sakit yang ditunjuk yang menyatakan, bakal dua bapaslon mampu secara jasmani dan rohani serta bebas dari narkoba.

“Berdasarkan surat yang kami terima dari rumah sakit dua bapaslon mampu dan memenuhi syarat. Sehingga hasil pleno, kami hari ini telah menetapkan paslon Mustamin Bakri-Deri Purnama Sari  dan Wan Siswandi- Rodial Huda sebagai calon Bupati Natuna dan Wakil Bupati Natuna,” Jelas Junaidi.

KPU Natuna menerapkan protokol kesehatan ketat saat acara pengundian nomor urut, salah satunya dilakukan pembatasan jumlah kehadiran.

“Mekanismenya untuk pengambilan nomer urut, yaitu paslon yang hadir duluan berhak mengambil terlebih dahulu dan dilanjutkan penandatanganan pakta integritas protokol kesehatan,” kata Junaidi.

Dalam pencabutan Nomor  ururt pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Wan Siswandi – Rodhial Huda (WS-RH) mendapatkan nomor urut 2. Sementara pasangan Mustamin Bakri – Derry Purnama Sari (Mude) mendapatkan nomor urut 1.

Kepada sejumlah wartawan, Calon Bupati Wan Siswandi mengatakan, dengan mendapatkan nomor urut 2, pihaknya akan lebih mengenalkan kepada masyarakat terkait program pembangunan Natuna kedepan yakni “Warga Sejahtera, Rukun Beriman”.

“Nomor urut sudah ditetapkan yaitu nomor 2. Dimana nomor 2 adalah kita berdiri dengan 2 kaki, memandang 2 mata, dan melangkah dengan 2 kaki”, kata Wan Siswandi.

Dalam hal ini Siswandi juga mengingatkan kepada seluruh pendukung, agar tidak perlu adanya usaha untuk saling menjatuhkan, serta membuka aib orang lain.

Siswandi melanjutkan, sesuai peraturan KPU, Pasangan WS-RH akan mulai tancap gas menghadapi kampanye. Ia mengajak mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Natuna untuk bersama-sama membawa gerakan perubahan mewujudkan Natuna yang Sejahtera, dan Rukun Beriman. (Red)

 

Pos terkait