Krisis Air Bersih Mulai Dirasakan Warga Kabupaten Gorontalo Utara

Gebraknews.co.id, Gorontalo – Salah satu dusun di Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) sampai saat ini masih mengalamai krisis air bersih.

Tampaknya belum ada upaya serius dari pemeritah untuk mensuplay air bersih ke warga desa Bulango Raya, Kecamatan Tomilito, Kabupaten Gorut tersebut.

Muat Lebih

Untuk kebutuhan air bersih setiap hari, warga terpaksa harus mengambil air dari tetangga dengan mengunakan gerobak kecil atau mengunakan motor dengan jarak tempunya 200 m.

“Saya menunggu air hujan untuk d tampung buat cuci pakaian. Untuk diminum atau memasak kami beli air gelong di warung,” ungkap Herlina kepada wartawan gebraknews.co.id, Minggu (07/07/19).

Sementara itu, Kisman Kepala Desa (Kades) Bulango Raya saat ditemui menyampaikan bahwa pemerintah setempat akan berusaha untuk menganggarkan pembuatan sumur suntik. Sesuai dengan visi misi Kisman yang baru 4 bulan menjabat itu.

“Untuk mengantisipasi kiris air bersih kepada warga. Saya kedepan merencanakan sumur suntik untuk setiap 4 kepala keluarga satu titik sumur. Sehinga mereka bisa merawat airnya masing-masing,”ujar Kisman.

Lanjut Kisman, di tahun 2019 terdapat 5 titik untuk air bersih di tiap dusun, tetapi itu belum bisa mencukupi kebutuhan penggunaan air bersih warga, karna sumur suntiknya kecil.

“Tahun ini saya akan upayakan untuk mengadakan sumur suntik yang paling besar supaya bisa d rasakan oleh warga saya,” tutup Kisman. BKU/LIM

Pos terkait