Kunjungan Kerja di Kecamatan Pekaitan, Bupati Suyatno Serap Aspirasi Masyarakat

Gebraknews.co.id, Rohil – Bupati suyatno Amp didampingi Ketua DPRD Rohil, Maston, Kapolres Rohil Akbp Nurhadi Ismanto, SIK, melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Pekaitan tepatnya di penghuluan pekaitan. Selasa.(7/7/20).

Dalam kunjungan tersebut tampak hadir Kepala Dinas Perkim Zulfahmi, Kepala Dinas Pendidikan Nurhidayat, Kepala Dinas Pertanian Wan Rusli Syarif, PLT Kepala Dinas Kominfotiks Hermanto Uban, dan Kepala Baznas.

Bacaan Lainnya

Kedatangan Bupati disambut oleh tokoh adat setempat dengan mengelar tari tor-tor dari Sumatra Utara, dan pencak silat dari adat melayu.

Kehadiran Bupati dan rombongannya juga dimanfaatkan oleh masyarakat melalui Camat Taryono untuk menyampaikan aspirasi dan usulannya.

Ada beberapa item yang menjadi prioritas dalam usulan itu, diantaranya di bidang pendidikan, camat mengusulkan pembangunaan gedung sekolah SD 06 Filial (sekolah jauh), sebanyak empat ruangan yang memang kondisinya sudah sangat memprihatinkan.

Sebagai urat nadi perekonomian akses juga menjadi usulan camat melihat kondisi jalan di daerahnya memang masih banyak yang rusak parah.

Selain itu, tanah timbul yang disebut boting di sungai rokan akibat faktor alam jika air pasang selalu meningalkan lumpur sehingga menjadi daratan di bibir pantai dengan luas 150 hektar yang kini dimanfaat warga menjadi lahan untuk bercocok tanam. Camat meminta agar ada upaya pemerintah dalam mendorong perkembangan di lahan itu dengan melakukan pembangunan akses.

Dalam uraiannya, Suyatno menyampaikan, potensi yang ada di Rohil khusus nya di pekaitan harus bisa dioptimalkan seperti tanaman azola yang banyak tumbuh di sekitar daerahnya bisa dimanfaatkan menjadi nilai ekonomi,

Bupati juga menyorot sekolah yang diusulkan camat, Bupati langsung mengintruksikan kepada Dinas Pendidikan memprioritas membangun sekolah tersebut pada tahun 2021.

 

“Masalah alasan jarak tempuh itu bukan menjadi alasan, beri peluang bagi masyarakat pekaitan untuk memborong pengerjaannya,” kata Bupati.

Terkait tanah timbul Bupati memperbolehkan masyarakat untuk bercocok tanam.

“Silahkan bercocok tanam selagi untuk kesejahteraan masyarakat tapi jangan di jual belikan,”katanya lagi.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan alat perlengkapan pertanian berupa tong semprot rumput kepada petani dan penyerahan sertifikat bantuan rumah dari Baznas kepada warga yang tidak mampu.

Sebelum pulang Bupati melakukan peninjauan di beberapa lokasi seperti area penanaman jagung, rumah sekolah dan pintu air untuk melihat langsung kondisinya,

Sementara itu, Camat Pekaitan Taryono sangat memberi apresiasi atas kedatangan Bupati beserta rombongannya.

“Terima kasih kehadiran Bapak Bupati dan rombongannya. Mudah mudahan kehadiran nya membawa berkah bagi kami semua,” ucapnya.

(Cahyani)

Pos terkait