1
480 shares, 1 point

Muda, santun, dan idealis. Begitu sekilas tentang sosok yang satu ini. Politisi Surau, julukan yang lekat pada dirinya. Pria 37 tahun ini bernama lengkap Safari Ramadhan S.Pd.I, akrab juga disapa Buya oleh masyarakat yang mengenalnya. Buya sendiri adalah sebutan kepada guru agama atau ustadz di Sumatera Barat.

Bukan tampa alasan Safari dipanggil Buya. Sebab, dia adalah guru agama. Mengajar mengaji dan tinggal di surau sejak masih duduk dibangku sekolah, jauh sebelum dia aktif di politik.

“Saya lahir di Tanah Datar, Sumatera Barat, satu tahun setelah wafatnya Buya Hamka,” kata Safari membuka cerita, saat Gebraknews bertandang di kediamannya.

Sekilas mendengar nama Hamka, mata penulis tertuju kepada deretan buku yang tersusun di rak buku koleksi Safari. Sejumlah buku karangan sang ulama kharismatik Hamka berjejer disana, disamping sejumlah buku lainnya. Belakangan diketahui, putra sulungnya juga diberi nama Muhamad Hamka. Benar, diakuinya, Safari adalah pengagum ulama dan sastrawan besar itu.

Safari kemudian melanjutkan pembicaraan,
“Saya besar ditengah keluarga yang sangat sederhana, bapak pensiunan Veteran yang juga seorang Datuk bergelar Datuk Tanaro, juga guru mengaji dan memiliki surau, tempat orang belajar tarikat. Saya banyak belajar disana.

Mak saya adalah seorang petani, Kami 8 bersaudara, saya anak nomor lima.
Dikarenakan keterbatasan biaya, sebab orangtua banyak tanggungan, saudara juga masih kuliah dan sekolah, saya memilih tinggal di surau menjadi marbot dan mengajar mengaji dan mencari biaya hidup sendiri. Tiga tahun saya disana. Waktu itu saya bersekolah di SMKN 1 Batusangkar,” papar safari rinci menceritakan kisahnya.

Kemudian tambahnya, “Setamat sekolah pada tahun 2001, merantau ke Batam, saya tinggal ditempat kakak di Batuaji. Tak lama berselang, ada tetangga yang mengatakan bahwa mushalla yang tak jauh dari kontrakan membutuhkan Marbot. Saya kemudian adzan disana dan ditawarkan oleh pengurus untuk menjadi marbot di Mushola itu. Disanalah kemudian saya mengajar mengaji, sekaligus menjadi marbot sembari bekerja juga di Kawasan Industri Mukakuning,” terang Safari.

Sehabis masa kontraknya di Perusahaan, Safari Ramadhan memilih fokus untuk mengajar mengaji, mengajar privat dan mengisi ceramah agama, disamping dia juga aktif di berbagai organisasi. Safari kemudian mendapat tawaran untuk bergabung di partai politik. Nasib baik ternyata berpihak kepada dia.

“Hingga 6 tahun saya di Mushalla itu, yang sekarang sudah menjadi Masjid Baitul Jannah Perum. HPM Batu Aji. Setelah habis kontrak di perusahaan di Muka kuning, saya memilih fokus di masjid mengajar mengaji di TPQ, mengajar privat, dan mengisi ceramah agama. sambil melanjutkan kuliah di STAI Ibnu Sina jurusan Tarbiyah dan mendapatkan gelar akademis S.Pd.I. sambil menjadi guru pendidikan agama di SDN 05 Taman Lestari, Batu Aji.

Saya banyak aktif diberbagai organisasi agama dan kemasyarakatan. Tahun 2014 diajak bergabung ke Partai PAN, kemudian ikut kontestasi pemilihan legislatif tahun 2014. Alhamdulillah terpilih. Dalam perjalanannya, saya dipercayakan di Komisi IV, membidani SDM dan KESRA, sekaligus menjadi Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Batam. Kemudian tahun 2016 terpilih sebagai ketua DPD PAN Kota Batam.

Saya terus berupaya memberi dan membantu apa yang saya bisa kepada yang membutuhkanya sesuai dengan tupoksi saya. Ada suatu kepuasan bagi kita jika dengan kekuasaan yang kita miliki bisa bermanfaat bagi orang banyak,” kata Safari.

Tak pernah terfikir menjadi Politisi

Sejak kecil Safari Ramadhan tak pernah berfikiran menjadi politisi seperti saat ini. Lahir dilingkungan keluarga yang agamis dan sangat sederhana, dia bercita-cita menjadi guru agama. Bukan sebagai politisi.
” Nasib berkata lain, dan Tuhan punya rencana tersendiri bagi hidup kita,” katanya.

Hidup dan perjalanannya menurut safari senantiasa diikutinya seperti air yang mengalir.

“Kemana rencana tuhan membawa kita, kesanalah kita. Saya mengikuti saja seperti air mengalir. Saya tidak berambisi besar, setelah naik ini lalu maju kesana dan sebagainya. Saya tidak memikirkan seperti itu. Hanya saja selama kita memiliki kekuasaan dapat dipakai untuk kebaikan orang banyak, saya bertekad demikian dan sudah saya upayakan sesuai kemampuan saya selama dipercayakan di legislatif. Berupaya membangunkan ummat
memajukan bangsa,” ujar Safari.

(Ifan)

 

Biodata

Nama : Safari Ramadhan, S.Pd.I
Lahir. : Tanah Datar, 15 Februari 1982

Riwayat Pendidikan

SDN Teladan Supanjang
SMPN 3 Lima Kaum
SMKN 1 Batusangkar

STAI Ibnu Sina Batam

Riwayat Pekerjaan

PT. Bulpakindo Batamindo
PT. Sumitomo Batamindo
PT. Foster Batamindo
Guru STQ Baitul Jannah
Guru PAI SDN 05 Taman Lestari – Batuaji
Anggota DPRD Kota Batam

Pengalaman Organisasi

Ketua OSIS SMKN 1 Batusangkar
Ketua RW 12 HPM Batuaji
Ketua BKPRMI/Remaja Masjid Batuaji
Ketua BMGQ/Guru TPQ Batuaji
Pengurus PMB/Mubaligh Kota Batam
Pengurus IKSB Kota Batam
Ketua DPD PAN Kota Batam.


Like it? Share with your friends!

1
480 shares, 1 point

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format