Lelang Jabatan Pemprov Jabar, 114 Orang Berebut 15 Posisi

gebraknews, Jakarta – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Barat meloloskan 114 pendaftar untuk melanjutkan proses seleksi terbuka pengisian 15 jabatan pimpinan tinggi pratama atau pejabat eselon di Pemprov Jabar.

“Berdasarkan pembahasan hasil seleksi administrasi dari 206 pendaftar, ditetapkan 114 pendaftar yang memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan PP 11 Tahun 2017,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat Yerry Yanuar, dikutip Antara, Rabu (16/1).

Ia mengatakan Pemprov Jawa Barat melalui Panitia Seleksi Terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT) mengumumkan para peserta seleksi yang lolos ke tahap selanjutnya.

Yerry mengatakan ada beberapa hal tidak dipenuhi oleh pendaftar yang tidak lolos administrasi antara lain tidak menyampaikan dokumen yang dipersyaratkan, tidak melampirkan surat keterangan dokter bebas narkoba, pengalaman kerja tidak sesuai dengan JPT yang diminati.

“Di antara pendaftar juga ada yang menjabat sebagai administrator/eselon tiga kurang dari dua tahun serta tidak melampirkan rekomendasi Pejabat Pembina Kepegawaian, seperti dari menteri, gubernur, wali kota, atau bupati asal pendaftar,” katanya.

Khusus untuk Dinas Kesehatan, menurut Yerry, pendaftaran akan diperpanjang selama tujuh hari kalender ke depan, setelah direkomendasikan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Selanjutnya, kata dia, bagi pendaftar yang lolos berhak mengikuti asesmen kompetensi manajerial dan sosial kultural kerja sama BKD Jabar dengan BPIP Unpad pada 15 dan 16 Januari 2019 di Hotel Paviliun Bandung.

“Untuk penilaian kompetensi teknis dan penyusunan makalah akan dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2019,” lanjut Yerry.

Menurutnya, hasil keduanya akan dipaparkan dan dibahas oleh Pansel pada Sabtu, 19 Januari 2019. Setiap perkembangan informasi seleksi ini disampaikan melalui website Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jawa Barat melalui www.bkd.jabarprov.go.id dan www.seleksiterbuka.jabarprov.go.id.

Diketahui, selain Pemprov Jawa Barat, lelang jabatan juga tengah dilakukan Pemprov DKI. Pemerintah setempat masih membuka lelang untuk empat jabatan yang hingga kini belum terisi.

Empat jabatan yang masih dilelang itu untuk posisi Kepala Dinas Perindustrian dan Energi, Wakil Kepala Satuan Polisi dan Pamong Praja, Dinas Pendidikan, dan Kepala Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi Sekretariat Daerah.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut empat jabatan yang hingga kini masih kosong itu merupakan sisa lelang dari 14 jabatan sebelumnya lantaran beberapa peserta seleksi dinilai tidak memenuhi standar.

“Setelah dikaji dan seleksi empat itu tidak memenuhi maka akan dibuka lagi,” kata Anies di Balai Kota, Jakarta, Rabu (9/1).

Anies belum memastikan kapan lelang jabatan untuk empat posisi itu akan dibuka. “Nanti akan diumumkan,” kata dia. (gn/cnn indonesia)

Pos terkait