Muscab Pemuda Muslim Natuna, Behasil Bentuk Enam Pengrus Anak Cabang

Natuna (Gebraknews)-Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Natuna melalui Kepala Bidang (Kabid) Kepemudaan, Zaenal A. Syah membuka secara resmi Musyawarah Pengurus Cabang Pemuda Muslimin Indonesia (PC Pemuda Muslim) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Bertempat di Aula Asrama Haji, Kompleks Masjid Agung Natuna Gerbang Utaraku, Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, Minggu  (26/01/2020) pagi.

Zainal dalam sambutanya mengatakan,  apresiasi kepada PC Pemuda Muslim Natuna, karena telah menjadi salah satu Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang masih aktif dalam berkegiatan. Menurut Zaenal, para pemuda masa kini harus bisa melek terhadap pengetahuan dalam berorganisasi.

Bacaan Lainnya

“Mari kita tunjukkan kontribusi kita untuk masyarakat dan daerah Kabupaten Natuna, dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat,” kata Zaenal.

Zaenal minta kepada para kader Pemuda Muslim Natuna, supaya memiliki kreatifitas demi membantu pembangunan di Daerah Ujung Utara NKRI tersebut.

“Saya berharap Pemuda Muslimin dapat membantu untuk menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI, serta bisa menciptakan situasi yang kondusif ditengah masyarakat,” ujar Zainal.

Ditempat yang sama Camat Bunguran Timur, Wan Suhardi. Mewakili Pemerintah Kecamatan menyampaikan ucapan terimakasih, atas segala partisipasi yang diberikan oleh para kader Pemuda Muslim Natuna, terutama dibidang kegiatan sosial kemanusiaan dan kegiatan kepemudaan dibidang agama.

“Terimakasih kepada para pemuda yang ada di Bunguran Timur, karena telah menjadi anggota Pemuda Muslim Natuna. Saya yakin, mereka bisa berkembang dan aktif dalam berbagai kegiatan positif,” kata Wan Suhardi.

Sementara itu Ketua PC Pemuda Muslim Kabupaten Natuna, Sugianto Utomo menjelaskan, bahwa Pemuda Muslimin Indonesia merupakan OKP tertua di Indonesia, yang dibentuk dua minggu setelah sumpah pemuda, tepatnya pada 28 November 1928.

Musyawarah Pembentukan PAC ini, kata Yanto  dilaksanakan berdasarkan amanah Majelis Syuro ke XIII DPP Pemuda Muslimin Indonesia, yang digelar di Bogor Jawa Barat, pada tahun 2019 kemarin.

“Jadi untuk tiap-tiap PC Kabupaten/Kota, agar melebarkan sayapnya dengan membentuk PAC ditingkat Kecamatan. Alhamdulillah pada hari ini kita akan membentuk 6 PC tingkat Kecamatan,” ujar Yanto.

Yanto menambahkan, bahwa Pemuda Muslim Natuna memiliki tiga Visi dan Misi kegiatan. Diantaranya menjunjung tinggi nilai Pancasila dan menjaga kesatuan NKRI, sesuai amanat UUD 1945.

Kemudian mengembangkan sayap PAC Pemuda Muslim, sebagai wadah perjuangan bagi para pemuda yang ada di Kabupaten Natuna, dalam mengembangkan potensi diri, kreatifitas dan pembentukan karakter kepemudaan yang Islami, tangguh, berintegritas serta nasionalis.

“Lalu kami juga bertekad untuk bisa memberikan kontribusi positif dalam setiap pergerakan Pemuda Muslim, kepada masyarakat dalam berbagai aspek. Baik keagamaan, pendidikan, sosial, kepemudaan, ekonomi, pariwisata, budaya dan sektor-sektor lain yang dianggap bermanfaat,” kata Yanto.

Yanto berharap setiap PAC Kecamatan yang telah dibentuk dapat mengemban tugas dengan baik dan iklas, sesuai visi dan misi yang sudah ditetapkan oleh Organisasi tersebut.

Irlizar, pimpinan sidang dalam Musyawarah tersebut mengatakan, bahwa Musyawarah tersebut dilaksanakan untuk memberitahukan ke publik, atas keberadaan Pemuda Muslim di Kabupaten Natuna.

“Makanya dalam musyawarah ini kita undang perwakilan dari Pemerintah Daerah, jajaran TNI, POLRI, para OKP, Ormas, Organisasi Profesi serta masyarakat, supaya keberadaan kita dapat keketahui oleh publik,” ujar Irlizar.

Irlizar juga berpesan kepada para Kader Pemuda Muslim Natuna, supaya tidak merasa berkecil hati menjadi anggota dari OKP tertua di Indonesia tersebut.

“Walaupun anggota kita disini masih sedikit, namun jangan pernah merasa kita ini kecil. Tetapi kita harus tetap memiliki semangat yang besar, dalam mengisi pembangunan di Kabupaten Natuna ini. Kita ini adalah organisasi yang besar, dan sudah ada diseluruh Indonesia,” tegas  Irlizar

Turut hadir pula dalam kesempatan tersebut, perwakilan dari Bakesbangpol Natuna, Polsek Bunguran Timur, OKP, Ormas, Organisasi Profesi serta masyarakat. (Red)

 

 

 

 

 

Pos terkait