Ngungun Batang Tilaka, Destinasi Wisata Baru yang Eksotis di Kabupaten Padang Pariman

Gebraknews.co.id, Padangpariaman – Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, menyimpan banyak destinasi wisata yang menarik. Bahkan diantaranya ada yang belum di eksplorasi dan belum diketahui khalayak banyak.

Salah satu destinasi wisata yang baru-baru ini mengemuka adalah Ngungun yang terletak di Batang Tilaka, Korong Alahan Tabek, Kenagarian Sikucur Barat, Kecamatan V Koto Kampung Dalam.

Bacaan Lainnya

Hal yang menarik dari Ngungun adalah, tempat ini menyajikan keindahan alami yang menyejukkan mata.
Dialiri dengan sungai jernih yang mengalir deras, dan terdapat lubuk alami yang bisa digunakan untuk pemandian.
Dengan dikelilingi tebing dan rimbunnya pepohonan di sisi kiri dan kanannya menjadikan tempat ini bagaikan surga yang tersembunyi.
Bagi warga setempat, Ngungun memang sudah tak asing lagi. Tapi diluar, tempat ini masih belum banyak diketahui orang.

Untuk mencapai Ngungun, pengunjung memang harus sedikit menguras keringat, karna akses jalannya, masih jalan setapak masuk dari Korong Alahan Tabek.

Ketua Pemuda Batang Tilaka, Mardioni mengatakan, tempat ini baru setahun belakangan dilirik dan dikembangkan warga setempat.

“Baru-baru ini ada inisiatif dari pemuda Nagari Sikucur Barat untuk mengexplore lokasi ini, dan berkat pemuda tersebut Ngungun Batang Tilaka mulai dikenal orang banyak. Hanya saja kami tidak tau cara pengembangannya, sehingga tempat ini dikenal hanya dari mulut ke mulut saja,” kata Mardioni kepada Gebraknews, Rabu (8/1/2020).

Ketua Pemuda Batang Tilaka, Mardioni

Merdioni menyebut pihaknya bersama masyarakat sepakat untuk mengembangkan destinasi ini sehingga bisa menjadi pemasukan untuk warga sekitar.

Dirinya berharap, pemerintah memperhatikan tempat tersebut dan menyediakan akses jalan yang layak.

“Dengan adanya wisata ini, diharapkan pemerintah dan warga Kenagarian Sikucur barat lebih peduli akan lingkungan sekitar.
Kami memang belum mempunyai jalan utama yang memadai, jalan kami masih setapak.
Semoga kedepan kampung kami lebih dikenal orang banyak dan lebih maju,” tukuk Mardioni.

“Motto nagari kami, menjadikan tempat ini menjadikan kampung wisata dan religius, Walinagari kami ikut andil dalam hal ini,” pungkasnya.

(Yos)

Pos terkait