Pemkab Natuna Mengikuti Detik-Detik Proklamasi HUT RI Ke 75 Secara virtual

Natuna-(Gebraknews)-Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Daerah (Bakesbangpol) Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau, Drs. Muhtar Achmad, M.Eng menyampaikan berdasarkan Surat Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia nomor B-492/M.Sesneg/Set//Tu.00.04/07/2020 tanggal 06 Juli 2020 perihal Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2020 dan hasil Rapat Panitia Pelaksana HUT RI ke-75 Kabupaten Natuna tanggal 21 Juli 2020 maka, didapatkan beberapa poin keputusan dalam pelaksaan upacara bendera untuk wilayah Kabupaten Natuna.

Muhtar menyebutkan untuk Kabupaten Natuna, pelaksanaan Upacara Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 bermula pada pukul 07:00 Wib yang mana peserta terdiri dari Dinas, FKPD dan unsur pimpinan kecamatan bertempat di kantor bupati dan kecamatan masing-masing.

Bacaan Lainnya

“Kemudian dilanjutkan pada pukul 10:00 Wib secara virtual Upacara Memperingati Detik-Detik Proklamasi  Kemerdekaan Republik Indonesia, peserta terdiri dari Kepala Daerah, FKPD bertempat di Gedung Daerah dan pihak kecamatan bertempat di kantor camat masing-masing. Sedangkan untuk PNS/PTT mengikuti di kediaman masing-masing,” kata Muhtar, kamis (13/8/2020)

Dalam pelaksaan upacara nanti lanjut Muhtar, peserta yang mengikuti Upacara Bendera Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dibatasi, mengingat sekarang dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Yang mengikuti terbatas menimbang pandemi Covid-19. Yang mana dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kemudian upacara penurunan bendera juga dilakukan secara virtual. Tetapi untuk ASN dan lainnya, dihimbau untuk mengikuti di televisi atau dikediaman masing-masing,” ujar Muhtar.

Kepala Bakesbangpol Natuna ini, juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam menyemarakkan Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dalam menyemarakkan peringatan HUT Kemerdekan Republik Indonesia ke-75. Mudah-mudahan pelaksanaan upacara bendera nanti dapat berjalan dengan lancar,” kata Muhtar.

Pelaksanaan Upacara kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 nanti terang Muhtar, pemerintah daerah juga akan mengundang veteran yang ada di Natuna.

” Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, akan mengundang veteran dan akan memberikan tali kasih sebagai bentuk perhatian negara terhadap jasa pahlawan yang telah mendahului kita termasuk veteran yang ada di Natuna ini,”  jelas Muhtar.

Muhtar juga menghimbau kepada masyarakat pada saat Detik-Detik Proklamasi untuk menghentikan seluruh aktifitas selama 3 menit sebagai bentuk rasa nasionalisme terhadap bangsa dan negara. “Kita menghimbau Detik-Detik Proklamasi pukul 10:00 Wib, kepada masyarakat untuk menghentikan seluruh kegiatan selama 3 menit. Itulah salah satu bentuk nasionalisme kita pada bangsa dan negara,” himbau Muhtar.

Muhtar berharap masyarakat untuk berperan aktif dalam menyemarakkan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesi ke-75 ini seperti memasang bendera dirumah masing-masing mulai tanggal 1 sampai 30 Agustus 2020.

“ Harapan kita agar masyarakat berperan aktif supaya dapat memasang bendera pada tanggal 1 sampai 31 Agustus 2020. Kemudian mendepankan protokol kesehatan. Dan yang paling penting kita mengambil makna kemerdekaan tahun ini yaitu Indonesia Maju Bangga Buatan Indonesia. Yang mana makna dari tema tersebut, bagaimana kita supaya bangga dengan buatan Indonesia sendiri, sehingga Indonesia akan maju. (Red)

 

Pos terkait