Pemprov Kepri Serahkan Bantuan Sosial bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

Gebraknews.co.id, Kepri – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kepri, H. Isdianto menyerahkan secara simbolis bantuan sosial bagi masyarakat terpapar Covid-19 di Kepri bertempat di Aula Wan Seri Beni, kantor Gubernur, Dompak, Tanjungpinang, Rabu (20/5).

Acara disejalankan pula dengan penyerahan bantuan sembako Pemerintah Provinsi Kepri sebanyak 15.000 paket kepada masyarakat kota Tanjungpinang terdampak Covid-19 yang dalam hal ini di terima secara simbolis oleh Plt. Wali kota Tanjungpinang, Hj. Rahma.

Bacaan Lainnya

Tidak hanya itu, Pemprov juga menyalurkan Insentif kepada 10.343 orang Mubaligh (Guru TPQ/MDT/MDA), Penyuluh Agam Islam Non PNS, dan Imam Hafis Quran 10, 20 dan 30 Juz se-Provinsi Kepri.

Mengawali sambutannya, Plt. Gubernur Kepri Isdianto mengucapkan banyak terimakasih atas peran serta semua pihak terkait yang ada di Kepri, bersama-sama Pemerintah untuk melakukan berbagai upaya dalam penanganan pandemi covid-19 di Kepulauan Riau.

“Keberhasilan tercapai jika semua pihak bersama, selain tentunya berkat kedisiplinan seluruh masyarakat dalam menekan laju penyebaran covid-19,” kata Isdianto.

Pemberian sembako sendiri lanjut Isdianto selain bertujuan untuk membantu meringankan beban masyarakat juga bertujuan agar masyarakat bisa duduk tenang dirumah.

“Ini dilakukan guna memutus rantai penyebaran, kita berharap covid-19 ini segera berlalu di Kepri,” lanjut Isdianto.

Kemudian terkait Insentif, ini dalam rangka memberikan motivasi sekaligus pembinaan, guna menciptakan masyarakat yang agamis dan berakhlak mulia khususnya bagi para generasi mendatang.

“Tujuan akhir dari kegiatan ini adalah untuk menciptakan SDM Kepri, generasi mudanya yang tangguh, berkarakter dan berakhlak mulia,” tambahnya.

Terakhir, saat melaksanakan Vicon dengan kabupaten dan kota se Kepri dalam acara yang sama, Isdianto meminta kepada semua kabupaten dan kota sepakat bahwa setiap himbauan yang datang dari Pemprov agar di sampaikan kepada masyarakat untuk di patuhi dan di jalankan.

“Himbauan yang disampaikan tentu berdasarkan kebijakan yang telah digariskan Pemerintah pusat, karena kita ingin Covid-19 ini segera sirna dengan kedisiplinan dari masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Sekdaprov. Kepri, H. T. S. Arif Fadillah dalam laporannya mengatakan bahwa pandemi covid-19 yang melanda lebih dari 200 negara di dunia hingga kini penyebarannya terus meningkat sehingga mempengaruhi hampir segala aspek kehidupan.

“Berbagai upaya pun telah dilakukan, Pemprov menyadari sepenuhnya bahwa untuk menyelesaikan persoalan ini tidak bisa bekerja sendiri, perlu peran aktif semua elemen masyarakat,” kata Arif.

Arif melanjutkan, sebagai bentuk nyata program pemerintah Provinsi Kepri maka hari ini akan diselenggarakan beberapa kegiatan yakni: Bantuan sembako Pemerintah Provinsi Kepri sebanyak 15.000 paket kepada masyarakat kota Tanjungpinang, kemudian Insentif kepada 10.343 orang Mubaligh (Guru TPQ/MDT/MDA), Penyuluh Agam Islam Non PNS, dan Imam Hafis Quran 10, 20 dan 30 Juz se-Provinsi Kepri.

Pemprov juga menyalurkan bantuan sosial bagi masyarakat terpapar Covid-19, dengan rincian: 1. Pasien terkonfirmasi positif bantuan sebesar satu bulan upah minimun kabupaten/kota; 2. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) bantuan sebesar setengah bulan dari nilai upah minimun kabupaten/kota; 3. Pasien meninggal dengan santunan sebesar Rp. 15 Juta.

“Bantuan sebagaimana di maksud di peruntukan bagi masyarakat kategori miskin atau rentan miskin akibat terpapar Covid-19 sehingga tidak mendapat memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari,” kata Arif.

Disamping itu, Gugus Tugas Kepri juga menerima bantuan 4.000 masker kain dari PT. The Costume Magnifique dan PT. Peter Garmindo serta bantuan 5.000 paket sembako dari Satgas Bencana BUMN Kepri.

Terakhir, sebagai bentuk apresisasi, Pemprov juga menyerahkan piagam penghargaan kepada sejumlah BUMN dan Pihak Perbankan yang telah ikut bersumbangsih dalam memberikan berbagai bantuan yang di tujukan kepada masyarakat Kepulauan Riau.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Kajati Kepri Sudarwidadi, Anggota DPRD Provinsi Kepri Bobby Jayanto, Danlantamal IV Tanjungpinang Laksma TNI Arsyad Abdullah, Danlanud RHF Kolonel Pnb Andi Widjanarko dan sejumlah Kepala ODP di Lingkungan Pemprov Kepri.

(Hum)

Pos terkait