Pemprov Kepri Serahkan DIPA Pemkab Natuna

Natuna (Gebraknews )Pemerintahan Daerah Kabupaten Natuna menerima  diwakil Serektaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna, Wan Siswandi menerima Daftar Isian Pelaksanaan  Anggaran (DIPA) Tahun Anggaran 2020 dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur, Pulau Dompak, Kota Tanjungpinang,Selasa (19/11/2019)  ,.

Bacaan Lainnya

DIPA tersebut di serahkan lansung oleh Plt Gubenur Kepri Isdianto, rmerupakan dasar dalam penggunaan anggaran yang tentunya telah disetujui dalam proses pengajuan sebelumnya.

Isdianto minta dalam pelaksanaan nantinya diharapkan sinergitas yang baik di tingkat Kabupaten, Provinsi hingga Pusat mampu berjalan deng­an baik. Sehingga, tujuan utama mensejahte­rakan rakyat mampu dilaksanakan dan tepat sasaran.

‘’Pemerintah daerah juga diminta untuk mempercepat realisasi penggunaan anggaran melalui pelelangan yang cepat. Selain dituntut untuk penyerapan yang tepat, alokasi yang tepat juga diharuskan agar benar-benar terasa oleh masyarakat,’’saran Isdianto.

Isdianto menerangkan, bahwa total Alokasi APBN Provinsi Kepri pada tahun 2020 sebesar Rp 15,662 triliun, naik 1,04 persen dibandingkan dengan tahun 2019 yang hanya sebesar Rp 15,501 triliun.

Lanjut Isdianto, jumlah Satuan Kerja Kementerian, Lembaga dan SKPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Kepri penerima DIPA TA 2020 ini sebanyak 327 Satuan Kerja, yang tersebar pada 43 Kementerian dan Lembaga, dengan nilai alokasi Rp 7,044 Triliun. Adapun alokasi TKDD 2020 adalah sebesar Rp 8,617 triliun.

Isdianto mengharapkan melalui DIPA dan Dana Transfer serta Dana Desa tahun 2020 ini, dapat mendorong dan meningkatkan kualitas ekonomi masyarakat Kepri.

‘’Saya berpesan agar dana  segera dipergunakan, tidak menunggu lama untuk dimanfaatkan. Tujuannya agar masyarakat bisa merasakan dampak dari penyerapan APBN tahun 2020 sampai ketingkat Daerah, ‘’pinta Isdianto.

Sementara itu Wan Siswandi menjelaskan, DIPA yang diterima oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna itu bersumber dari APBN tahun 2020 yang terdiri dari Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Insentif Daerah (DID), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Desa (DD).

‘’DIPA  ini akan kita serahkan kepada  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna, agar cepat dilaksanakan pada tahun anggaran 2020 mendatang, sehingga manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat Natuna, ‘’kata Wan Siswandi.(Red)

 

Pos terkait