Gebraknews.co.id, Batam- Ribuan masyarakat padati Dataran Engku Putri Batam Centre, Selasa (18/12), merayakan Hari Jadi Kota Batam ke-189. Rangkaian acara di hari H, dimulai dengan Upacara yang dipimpin oleh Wakil Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto.

Dalam amanat inspektur upacara, Isdianto menyampaikan bahwa pemimpin dan generasi kini harus berinovasi dengan menjunjung nilai budaya dan bermartabat.

“Dengan tema “Membangun Infrastruktur Mewujudkan Batam Yang Modern, Maju dan Bermartabat”, tentunya masyarakat harus semangat, menghormati dan mencintai Kota Batam. Sejarah Nong Isa dan Perjuangan Laksamana Hang Nadim dalam membangun tentu ini menjadi pekerjaan rumah bagi kita untuk sejahterakan masyarakat Batam,” ujarnya.

Fokus pengembangan pesisir Batam, sambung Isdianto, tak hanya menjadi perhatian Pemerintah Daerah tapi juga pemerintah pusat. Tentunya dengan menciptakan program strategis nasional agar sejalan dan tepat sasaran.

Satu hal yang penting dalam memperingati Hari Jadi Kota Batam ke-189 ini adalah mengevaluasi dan merefleksi diri. Sukses bukan dari yang sudah didapat tapi terhadap apa yang belum dicapai.

“Mari kita semarakkan Hari Jadi Batam ini dengan kegiatan yang positif dan kreatif dan tidak terjebak dalam euforia. Semoga Allah senantiasa meridhoi langkah dan usaha kita,” sebutnya.

Usai upacara, masyarakat dihibur dengan penampilan artis Shiha D’Academy Asia. Acara kemudian dilanjutkan dengan penyerahan Anugerah Batam Madani.

Tahun ini 11 tokoh berbagai bidang menerima penghargaan dari Pemerintah Kota Batam atas kontribusinya bagi pembangunan di Kota Batam. Selain itu juga diberikan penghargaan untuk tokoh 12 kecamatan.

Piagam penghargaan juga diberikan kepada empat perusahaan yang telah bersinergi dengan Pemko Batam dalam menyalurkan tanggungjawab sosial perusahaan. Keempatnya yaitu PT Perusahaan Gas Negara (PGN), Batam Shipyard and Offshore Association (BSOA), PT Adhya Tirta Batam (ATB), serta Bank Indonesia (BI) Kepri.

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan ucapan terima kasih Sekalung Budi Atas Hubungan Kekerabatan dengan Zuriat Nong Isa di Batam. Ucapan terima kasih disampaikan kepada Yang Amat Mulia Tengku Mohammed Shawal Ibni Alm Yang Amat Mulia Tengku Abdul Aziz, selaku Ketua Waris atau Pemangku Adat Zuriat Sultan Hussen Mohammed Shah 3 dari Kampung Gelam Singapura. Kemudian Yang Mulia Datuk Seri Paduka Raja Ramle Bin Mat Daly, Yang Mulian Datuk Seri Paduka H Mohammad Rifin Bin Osman, dan Yang Mulia Raja Muhammad Khalid Bin Raja Adnan.

Acara selanjutnya adalah pengumuman pemenang lomba Hari Jadi Kota Batam ke-189. Ada empat lomba yang digelar yakni foto, vlog, karya tulis jurnalistik, dan menulis surat untuk Walikota Batam.

Rangkaian perayaan Hari Jadi Kota Batam kemudian dilanjutkan dengan sidang paripurna istimewa di Kantor DPRD Kota Batam. Berikutnya setelah istirahat makan siang, acara diisi pawai budaya nusantara. Pawai dimulai dari Bundaran Tuah Madani sampai ke Dataran Engku Putri Batam Centre. Di Dataran Engku Putri, peserta pawai dari berbagai paguyuban menampilkan kebudayaan daerah masing-masing. (Mcb)