Peringati HANI 2019, Wabub Kilat Sampaikan Penanggulangan Narkotika Harus Dilakukan Secara Terstuktur

Gebraknews.co.id, Bonebol – Wakil Bupati (Wabub) Bone Bolango, Mohammad Kilat Wartabone hadir dan memberikan sambutan pada acara puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2019 di The Auditorium Bone Bolango, Rabu (26/6).

Dalam sambutannya, Wabub Kilat Wartabone menyampaikan bahwa penanggulangan narkotika harus dilakukan secara terstuktur, sistematis, dan masif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa.

Muat Lebih

Hal tersebut disampaikan Wabub Kilat Wartabone saat membacakan sambutan tertulis Wakil Presiden RI Jusuf Kalla pada acara puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2019 tingkat Kabupaten Bone Bolango.

Menghadapi tantangan ancaman kejahatan narkotika dengan modus operandi yang kian beragam, Wabub Kilat Wartabone menerangkan bahwa perlunya komitmen, semangat, dan tekad yang kuat serta dukungan masyarakat dalam mengatasi segala permasalahan sampai tuntas.

“Kita perangi narkoba sampai tuntas. Itu prioritas pemerintah. Dan ini tentunya perlu dukungan masyarakat,” terang Kilat

Penanggulangan narkotika dapat dilakukan secara seimbang melalui pendekatan hukum dan pendekatan kesehatan, sosial, serta pendidikan agar upaya pencegahan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) di Indonesia dapat terlaksana dengan baik.

Oleh karena itu, Kilat Wartabone menegaskan bahwa dalam mengemban tugas dan amanah yang diberikan oleh rakyat harus pula melibatkan rakyat dan seluruh elemen bangsa.

“Marilah berjuang bersama, bekerja sekuat tenaga, menjadikan negara kita bersih dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Karena jika masyarakat sehat, maka negara akan kuat,” tegas Wabup dua periode itu.

Sebelumnya, Kepala BNNK Bone Bolango Abd. Haris Pakaya menjelaskan bahwa peringatan HANI merupakan kegiatan tahunan di setiap tanggal 26 Juni, dan telah berlangsung sejak tahun 1971.

“Peringatan HANI pertama kali dicanangkan oleh UNDOC, yaitu badan PBB yang membidangi masalah penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan kriminal. Dan setiap tanggal 26 Juni kita peringati bersama,” kata Haris

Acara puncak peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) itu juga dihadiri Ketua DPRD Bone Bolango Faisal Mohie, Kajari Bone Bolango Daniel Martua Hutagalung, dan unsur Forkopimda lainnya, serta pimpinan OPD, Camat, dan Kepala Desa, serta siswa-siswi SMP di wilayah Kabupaten Bone Bolango.

(Bachrudin)

Pos terkait