Peringati Hari Keluarga Nasional ke-27, Pemkab Labuhanbatu Buka Pelayanan KB Gratis Sejuta Akseptor di Sembilan Kecamatan

Gebraknews.co.id, Labuhanbatu – Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional ke-27, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Labuhanbatu membuka pelayanan program Keluarga Berencana (KB) Gratis Sejuta Akseptor bagi masyarakat Labuhanbatu. Pelayanan KB gratis tersebut diselenggarakan secara serentak di sembilan Kecamatan se- Kabupaten Labuhanbatu, Senin (29/6/2020).

Bacaan Lainnya

Bupati Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi Dalimunte, ST, MT, saat meninjau langsung kegiatan tersebut di Puskesmas Kelurahan Janji, Kecamatan Bilah Barat, Senin (29/6/2020) mengatakan, “hari ini Pemerintah memberikan pelayanan KB berkualitas secara gratis kepada pasangan usia subur, dengan tujuan untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, agar terwujudnya pertumbuhan dan perkembangan penduduk yang seimbang dengan daya dukung dan daya tampung lingkungan”.

“Dua anak cukup bahagia dan sejahtera. Kita harus punya satu cita-cita untuk anak bangsa ini. Kita mulai dari bawah, dari ibu hamil, melahirkan, hingga merawat anak-anak. Untuk kedepannya, kita ingin anak-anak Labuhanbatu memiliki masa depan dan wawasan yang lebih baik. Maka dari itu, saya menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat Labuhanbatu untuk mengikuti program Keluarga Berencana demi kesehatan dan kesejahteraan”, ujar Andi Suhaimi Dalimunte, ST, MT.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Dinas BP2KB Labuhanbatu, Hj. Lidyawati Harahap, S. Psi, M. AP. Beliau menjelaskan bahwa kegiatan ini diselenggarakan Pemerintah agar program Keluarga Berencana tetap berjalan meski di masa pandemi.

“Giat ini diselenggarakan di sembilan Kecamatan di masing-masing Fasilitas Kesehatan Pemerintah dan Praktik Bidan Mandiri yang telah bekerjasama dengan Pemerintah, dan merupakan jejaring pelayanan KB”, ujar Hj. Lidyawati Harahap, S. Psi, M. AP.

Kepala Dinas BP2KB tersebut juga menuturkan bahwa, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan standar pelayanan, para Bidan terlatih melakukan pemasangan Implan dan IUD bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan gratis tersebut. Selain itu, petugas KB di lapangan juga memberikan pil dan alat kontrasepsi secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Kegiatan hari ini akan dicatatkan pada rekor Muri, dan petugas kita di lapangan akan melaporkan data Akseptor yang mendapatkan pelayanan KB”, ujar Hj. Lidyawati Harahap mengakhiri keterangannya.

Selain Bupati Labuhanbatu, kegiatan tersebut juga ditinjau langsung oleh Kasdim 0209/LB, Mayor Muji Santoso, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Labuhanbatu, Ahmad Muflih, SH, Ketua Umum TP PKK Labuhanbatu, Hj. Rosmanidar Hasibuan, Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan, Ketua Persit Cabang XXXVI 0209/LB, Ketua PC IBI, serta para Camat se- Labuhanbatu.

Pada peringatan Hari Keluarga Nasional tersebut, Bupati Labuhanbatu memukul Gong sebagai tanda dimulainya acara. (Zuhairi Basyar)

Pos terkait