Peringati Hari Pohon Sedunia, SMPN 30 Galakan Penghijauan dan Tanamkan Cinta Lingkungan kepada Siswa

Gebraknews.co.id, Batam – Memperingati hari pohon sedunia yang jatuh pada 21 November, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 30 Kota Batam mengadakan kegiatan penanaman pohon di lingkungan sekolah, Sabtu (20/11/2021).

 

Kepala Sekolah SMPN 30 Nyorita melalui Waka Kesiswaan, Zakaria.S.Pd, mengatakan, penanaman pohon di lingkungan sekolah, selain untuk penghijauan juga sebagai sarana edukasi bagi siswa agar mencintai lingkungan.
“Penanaman pohon yang bertepatan dengan peringatan hari pohon sedunia ini selain untuk penghijauan sekolah juga untuk mengedukasi siswa tentang pentingnya menanam pohon dan menjaga lingkungan,” ujarnya.

Menurut Zakaria, SMPN 30 cukup serius perihal menjaga lingkungan, hal ini terbukti ketika sekolah itu mendapat peringkat sekolah Adiwiyata.

Sekolah adiwiyata sendiri adalah sekolah yang dinilai peduli dan berbudaya lingkungan, program kerjasama antara Kementerian Negara Lingkungan Hidup dengan Kementerian Pendidikan Nasional.

“Selain Adiwiyata, pada 2018 kemaren kami juga mendapat peringkat 6 dari 394 SMP se-Kepri dalam lomba penanaman hidroponik yang digelar oleh Bank Indonesia (BI),” tambah Zakaria.

Menurut Zakaria capaian itu tak terlepas dari komitmen Kepala Sekolah dan para guru menjaga lingkungan.

Rahmat Sarif, selaku sekretaris kegiatan memaparkan, tanaman yang ditanam dalam kegiatan ini berupa tanaman hias. Selain menanam pohon, juga dibarengi dengan bersih-bersih areal sekolah.
“Lebih banyak tanaman hias yang kita tanam, untuk tanaman besar di sekolah kita sudah cukup banyak. Kegiatan serupa seperti ini akan terus kita galakkan. Hari ini selain menanam pohon juga membersihkan areal sekolah, dua kegiatan yang sejalan ini adalah upaya mencintai lingkungan sekaligus edukasi untuk siswa,” paparnya.

(Ifan)

Pos terkait