Rapat DPRD Rohil Hasilkan Tiga Ranperda

Gebraknews.co.id, Rohil – Wakil ketua DPRD Rohil, Basiran Nur Efendi memimpin rapat tertutup serta mengundang OPD terkait pembahasan 5 (Lima) rancangan peraturan daerah di ruangan rapat kantor DPRD Komplek Perkantoran Batu 6 Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Senin (28/09/2020).

Agenda rapat itu adalah rapat akhir pembahasan dan menandatangani berita acara pembicaraan tingkat pertama. 5 (Lima) Ranperda yakni; Pertama pengendalian air, ke-dua tentang aset, ke-tiga tentang laboratorium, ke-empat tentang lembaga adat, dan ke-lima tentang Bank Rohil.

Bacaan Lainnya

“Pada hari ini DPRD Rohil telah menandatangani berita acara dan di lanjutkan ke Biro Hukum untuk memfasilitasi Ranperda tersebut untuk bisa disahkan menjadi Perda,” ucap Abbas di hadapan awak media.

“Namun dari 5 Ranperda yang diusulkan, hanya 3 yang diterima. Pansus 1, terkait kelembagaan adat, tidak disahkan. Di ditemukan ada kendala, dimana ada benturan dengan undang-undang di atasnya. Mungkin akan dibuat laporan dalam paripurna bahwa pembahasan Ranperda tidak dilanjutkan untuk menjadi Perda,” ujar Abbas.

Kemudian yang kedua masalah retribusi, karena sebelumnya pemerintah daerah Rohil juga pernah melahirkan Perda yang sama, jadi yang satu itu juga nanti akan di masukkan dalam Perda perubahan, bukan timbul Perda baru. Yang jelas ada tiga Perda yang disahkan untuk sampai ke final.

Pengesahan Perda masih menunggu fasilitas dari Biro Hukum Provinsi Riau, walaupun sebelumnya sudah di jadwalkan di Bamus beberapa waktu lalu. “Kami akan jadwal kan ulang karena belum selesai, dan kami tidak mungkin juga melewati Biro Hukum karena nomor registrasi dari pada Perda itu melalui Biro Hukum, karena dimulai tahun ini ada sistem baru, kalau sebelumnya Biro Hukum tidak wajib, harmonisasi wajib. Yang jelas pengesahan akan di jadwal kembali, jadi mungkin tidak bisa pada tangga 30 September nanti,” tutur Abbas menutup keterangan persnya.

(Cahyani)

Pos terkait