Reses di Sengkuang Dalam, Ini yang Dikemukakan Warga Kepada Ketua DPRD Batam

Gebraknews.co.id, Batam – Ketua DPRD Batam Nuryanto, SH.,MH kembali menggelar reses di wilayah konstituennya. kali ini Nuryanto menyerap aspirasi warga di RW 8, Sengkuang Dalam, Kecamatan Batuampar, Rabu (4/12/2019).

Keluhan warga yang mengemuka dalam reses malam itu antara lain, terkait aktifitas salah satu perusahaan yang menyebabkan rumah warga terkena dampak lumpur jika hujan. Bahkan parahnya, lumpur tersebut sampai masuk ke rumah-rumah warga. Hal tersebut kata warga, sudah terjadi sejak dua bulan belakangan.

Bacaan Lainnya

“Kami meminta bantuan pak Ketua DPRD, sejak 2 bulan ini kami merasa kebanjiran. Ada arus tanah yang bahkan sampai masuk rumah. Hal ini akibat aktifitas PT Lamanda di atas sana. Beberapa kali warga sudah usul sama perusahaan tersebut, tapi tidak diindahkan,” kata Holik, salah satu tokoh masyarakat setempat.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Ketua RT setempat Ramli. Ramli menyebut, akibat aktifitas perusahaan itu, warga dan pihak perusahaan hampir bentrok karna belum ada kesepakatan. Sebelumnya, kata Ramli, lurah mengusulkan rapat di kelurahan, tapi usai rapat hasilnya masih belum menemukan titik terang.
“Mohon solusinya agar keluhan warga bisa didengar dan agar tidak terjadi bentrokan antara masyarakat dan pihak perusahaan,” papar Ramli.

Menanggapi hal tersebut, Nuryanto berjanji akan mengundang pihak perusahaan untuk RDP dengan warga agar persoalan bisa cepat terselesaikan.
“Minggu depan saya akan mengundang PT. Lamanda, untuk RDP di DPRD bersama warga, nanti kami akan mengabari Pak RW,” ujar Nuryanto.

Adapun usulan lain dari warga adalah permintaan perbaikan fasilitas umum dan pengadaan 200 buah kursi dan tenda untuk RW. Karna sejauh ini belum ada fasilitas tersebut.

Ketua DPRD Batam Nuryanto mengatakan akan mempertimbangkan permintaan warga tersebut. Sementara, terkait pembangunan fasum, menurut Dia, fasilitas umum harus jelas legalitas tanahnya, jika tidak pemko tidak akan mau mengeksekusi. Status lahan yang ditempati warga saat ini belum ada kejelasan. Namun kendati begitu, Nuryanto akan mengupayakan berkordinasi dengan Provinsi agar permintaan warga bisa terlaksana.

Pada kesempatan itu hadir sedikitnya 60 orang warga. Ketua RW 08, Idin Saipudin mengucapkan terimakasih atas kunjungan Ketua DPRD Batam ke lingkungannya.
“Terimakasih yang tak terhingga kami ucapkan kepada Bapak Ketua DPRD Batam yang telah hadir di tengah-tengah kami pada malam ini. Terimakasih juga saya ucapkan kepada tamu undangan yang hadir pada malam ini,” ujar Idin Saipudin. (Ifan)

Pos terkait